Selasa, 01 Januari 2013

Berbagai Macam Manfaat Garam Untuk kesehatan

Berbagai Macam Manfaat Garam

Berbagai Macam Manfaat Garam Untuk kesehatan

Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO) dan ion monoatomik seperti fluorida (F), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Manfaat garam untuk kesehatan mata dan gigi :

1. Pembasuh Mata.
Untuk meredakan sakit mata, dalam keadaan darurat gunakan air garam untuk membasuh mata. Bila keluhan tak berkurang, segeralah memeriksakannya ke dokter mata.

2. Obat Kumur.
Air hangat yang telah dibubuhi sedikit garam merupakan pencuci mulut yang efektif. Begitu juga bila terkena radang tenggorokan. Masukkan sedikit garam ke dalam air panas, aduk perlahan lalu gunakan sebagai obat kumur.

3. Gigi Putih.
Gigi yang terlihat kusam akan kembali cemerlang dengan cara menaburkan garam kering ke ujung bulu-bulu sikat gigi Anda saat akan menggosok gigi.

4. Sikat Gigi Awet.
Merendam sikat gigi yang masih baru dalam larutan air garam akan membuat sikat gigi menjadi lebih awet dipakai.

Manfaat Garam Untuk Kesehatan:

 1. Sistem Imun
Garam laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu menjadikan tubuh mampu melawan virus seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.

2. Depresi
Garam laut juga terbukti dapat mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga bantu mempertahankan dua hormon penting, serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu bisa membuat Anda merasa relaks dan tidur lelap di malam hari.

3. Otot Kejang
Kandungan kalium dalam garam penting untuk membantu otot untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, garam juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, garam sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.

4. Osteoporosis
Saat kekurangan garam dan gula, tubuh 'menarik' sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu konsumsi garam dan air secara rutin dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang.

5. Diabetes
Garam laut bisa bantu mengurangi kebutuhan insulin dengan menjaga kadar gula yang tepat dalam tubuh. Jadi, garam merupakan bagian penting dalam diet bagi penderita diabetes atau orang yang berisisko terkenan penyakit tersebut.

6. Jantung
Ketika garam menyatu dengan air, dapa berikan fungsi menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah inggi, dan membantu mengatur detak jantung yang tidak teratur. Dengan demikian, garam laut dapat mencegah serangan aterosklerosis jantung dan stroke.

7. Asma
Garam laut efektif dalam mengurangi peradangan pada sistem pernapasan dan mengurangi produksi dahak, sehingga Anda bisa bernapas dengan lega. Selain itu, garam laut dipercaya tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah sedang atau tepat.

Manfaat garam bagi kecantikan:

* Pembersih Wajah
Caranya campurlah 1 sdt garam dan 1 sdt minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Setelah itu gunakan campuran garam dan minyak zaitun tadi sebagai pembersih dengan memijatnya dengan lembut didaerah sekitar wajah dan leher. Garam berfungsi sebagai pembersih untuk mengangkat make up dan kotoran tebal pada wajah. Setelah itu cucilah wajah dengan sabun cuci muka, dan bilas hingga bersih.

* Merawat Kulit Berminyak
Isilah botol spray kecil dengan air hangat dan tambahkan 1 sendok teh garam. Setelah itu semprotkanlah pada wajah, keringkanlah dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk. Garam bermanfaat mengurangi minyak pada wajah kita. 

* Mata Lelah
Caranya larutkanlah 1/4 sdt garam dengan 1/2 liter air hangat, dan basuhkanlah larutan air garam tadi pada mata yang lelah. Jika sahabat ingin menghilangakn gembung pada mata, larutkanlah 1 sdt garam dengan 1 liter air hangat, dan celupkanlah kapas pada mata sahabat sambil berbaring dengan rileks.

* Eksfoliator
Sehabis mandi dan pada saat kulit sahabat masih dalam keadaan basah, ambillah segenggam garam dan gosokkan secara lembut dan perlahan pada seluruh kulit tubuh. Manfaatnya akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit sahabat terasa halus dan lembut.

Dari Berbagai Macam Manfaat Garam Untuk kesehatan diatas betapa pentingnya bagi kita untuk mengetahui apa kandungan dan apa manfaat dari apa yang kita makan dalam kehidupan sehari-hari , makanan sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia , mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar