Sabtu, 12 Januari 2013

8 Penyebab Anak Mengompol Di Malam hari

Penyebab Anak Mengompol Di Malam hari

8 Penyebab Anak Mengompol di Malam hari

Ngompol atau sering juga disebut dengan nokturnal enuresis ialah pengeluaran urine yang tidak disadari pada saat tidur. Normalnya, seorang anak mengompol hingga usia mereka menginjak 5-6 tahun.Pada usia ini kebiasaan ngompol masih dianggap wajar karena anak memang belum terbiasa untuk mengontrol air kemih saat mereka tertidur.

Anak yang masih ngompol, walaupun sudah melewati umur batas wajar ngompol tentu menjadi masalah yang harus diselesaikan. Karena pada beberapa kasus, anak akan merasa rendah diri, gelisah, dan malu. Apalagi kalau sampai mendapat julukan si tukang ngompol.

Sebuah survei di Inggris menyebutkan, setengah juta anak berusia 6-16 tahun masih suka ngompol. Satu di antara enam (17%) anak berusia lima tahun masih ngompol secara teratur. Empat belas persen anak berusia tujuh tahun, sembilan persen anak berusia sembilan tahun, dan 1-2 % anak berusia 15 tahun masih ngompol juga.Banyak hal yang bisa menjadi penyebab anak ngompol, yang pasti ngompol bukan hanya disebabkan faktor psikologis. Bisa jadi karena kekurangan hormon Anti Diuretc Hormon (ADH), atau karena faktor keturunan.

Penyebab anak mengompol di malam hari:
  1. Mengalami kesulitan bangun dari tidur.
  2. Memiliki riwayat keluarga mengompol.
  3. Memiliki kandung kemih kecil.
  4. Memiliki infeksi saluran kemih.
  5. Memiliki ketidakseimbangan hormon.
  6. Berada di bawah stres fisik atau emosional.
  7. Mengalami perkembangan saraf pusat yang lambat.
  8. Memiliki kelainan yang mempengaruhi sumsum tulang belakang, misalnya kelainan pada katup ureter pada anak perempuan dan katup uretra pada anak laki-laki.
Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok.ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga,manfaat daun,manfaat makanan dan manfaat minuman serta kesehatan juga kecantikan.

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar