Kamis, 10 Januari 2013

6 Cara Mencegah Penyakit Jantung


6 Cara Mencegah Penyakit Jantung

Sebagai organ penting, jantung punya peranan sebagai organ pemompa darah untuk mengedarkan sari sari makanan ke seluruh tubuh. Bersamaan dengan itu jantung juga menjadi organ yang menentukan suplai oksigen ke organ lain, sebab darah merah yang dipompa itu mengandung gas oksigen. Selain itu darah yang beredar setelah dipompa dari jantung juga ada yang mengandung gas untuk dikeluarkan lewat sistem pernafasan dalam bentuk karbon dioksida. Artinya ketika manusia memakai cara untuk mencegah datangnya penyakit jantung maka sama saja mereka memahami bahwa pencegahan yang dilakukan akan memberi kualitas kesehatan tubuh yang lebih baik.

Cara Mencegah terjadinya penyakit jantung:

1. Pilihlah makanan yang sehat bagi jantung. 
Kurangi makanan yang mengandung lemak hewani . Konsumsi sayur dan buah organik yang bebas pestisida maupun herbisida. Produk olahan kedelai yang mengandung isoflavon sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi daging ikan yang mengandung omega-3, (seperti salmon, tuna, makarel, sardine, dll) dapat membantu menurunkan kadar trigliserida.

2. Melakukan cek-up kesehatan rutin. 
Dengan melakukan cek-up rutin, kita dapat mengetahui tekanan darah dan kadar kolesterol yang merupakan indikator dari penyakit jantung.

3. Menghentikan kebiasaan merokok. 
Tembakau dalam rokok mengandung 4800 racun kimiawi yang dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Asap rokok ini berbahaya bagi perokok aktif dan pasif.

4. Berolahraga secara teratur. 
Olahraga dapat memperbesar diameter arteri koroner dan mengurangi risiko aterosklerosis. Latihan fisik yang dilakukan secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menutunkan tekanan darah serta menjaga berat badan.

5. Hindari stress. 
Untuk mengurangi stress, Anda dapat melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernafasan, meditasi, merilekskan otot, dll. Relaksasi bertujuan untuk mengurangi ketegangan otot dengan cara menurunkan kecepatan denyut jantung dan tekanan darah.

6. Perhatikan riwayat kesehatan keluarga. 
Seseorang dengan keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya lebih peduli dan disiplin menjaga gaya hidupnya agar terhindar dari serangan jantung.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar