Senin, 14 Januari 2013

7 Tips Sederhana Mengatasi Masuk Angin

Tips Sederhana Mengatasi Masuk Angin


Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering melanda dan dihinggapi dari berbagai aspek usia tanpa memandang status.

Tips sederhana untuk mengatasi masuk angin:

1. Berolahraga rutin minimal 2-3 dalam seminggu, 
lakukan olahraga ringan atau olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan. Olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah keseluruh jaringan tubuh. Selain itu olaharaga dapat meningkatkan efektivitas kinerja dari setiap organ tubuh, tubuh menjadi lebih fit dan sistem kekebalan tubuh semakin baik.

2. Jangan mandi pada malam hari. 
Mandi dengan diawali menyiram bagian badan yang paling bawah terdahulu kemudian perlahan pada bagian atas tubuh.

3. Melakukan mandi sauna (uap) paling tidak sebulan sekali.

4. Cobalah untuk mengkonsumsi minuman hangat seperti minuman dari jahe dan mint, karena jahe dan mint memiliki sifat yang dapat menghangatkan tubuh dan memperlancar peredaran darah dan pencernaan.

5. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup dapat membantu memulihkan tenaga dan stamina tubuh agar tubuh kembali dalam kondisi lebih baik lagi.

6. Kerikan atau kerokan
Kerokan dihasilkan karena adanya peningkatan IL-1 beta, Clq, dan Beta endorfin. Sementara kadar C3 dan PGE2 akan menurun. Kerikan atau kerokan ternyata dapat mengurangi rasa nyeri pada otot, rasa nyaman, rasa segar dan rasa tidak enak dari masuk angin akan berkurang. Inflamasi yang ditimbulkan selain meredakan nyeri otot juga akan memicu reaksi kardiovaskuler. Tandanya adalah peningkatan temperatur tubuh secara ringan, antara 0,5-2 celcius. Dikerik adalah salah satu cara paling ampuh dan paling serig dilakukan, meskipun dikerik atau dikerok juga dapat menimbulkan kembalinya masuk angin karena pori-pori tubuh akan semakin membesar dan melebar.

7. Minum teh hangat
Teh hangat ternyata dapat mengurangi rasa lelah, membangkitkan kembali semangat dan gairah dalam tubuh, mengembalikan kemampuan dan aktivitas jantung, pembuluh darah, usus, lambung dan fungsi organ tubuh lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok.ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga,manfaat daun,manfaat makanan dan manfaat minuman serta kesehatan juga kecantikan.

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar