Senin, 14 Januari 2013

5 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel
 
5 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Ketombe merupakan suatu pertumbuhan berlebihan kulit kepala tanpa peradangan. Gejala ketombe secara umum adalah adanya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan bisa juga disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang muncul dapat bervariasi antar individu.

Ketombe seringkali menjadi masalah karena mengganggu penampilan seseorang akibat kotornya rambut. Ketombe dapat diperparah dengan tumbuhnya mikroorganisme-mikrorganisme di rambut secara berlebihan. Pityrosporum ovale, termasuk golongan jamur, sebenarnya adalah flora normal di rambut. Akan tetapi berbagai keadaan seperti suhu, kelembaban, kadar minyak yang tinggi, dan penurunan imunitas (daya tahan) tubuh dapat memicu pertumbuhan berlebihan dari jamur ini.

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel:

1. Keramas dengan Sampo.
Pilihlah sampo anti ketombe yang disesuaikan dengan jenis kulit kepala anda. Pemilihan sampo dengan kandungan anti ketombe yang tepat dapat membantu anda mengurangi dan menghilang ketombe. Keramas dengan rutin dapat menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari pertumbuhan ketombe.

2.
Mandi setelah melakukan kegiatan berkeringat.
Pastikan anda mandi dan keramas setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat, seperti berolahraga. Keringat dapat menyebabkan iritasi kulit dan mempercepat pengelupasan kulit dan mempercepat pertumbuhan ketombe.

3.
Jangan gunakan air panas / hangat.
Air pana dapat menyebabkan terbukanya pori-pori kulit sehingga keluarnya minyak alami pada kulit dan kulit anda menjadi kering. Apabila anda menggunakan air hangat, bilaslah rambut mengunakan air dingin, hal ini akan membuat pori-pori kulit menutup dan mencegah munculnya ketombe akibat kulit yang kering.

4.
Gunakan bahan alami / herbal.
Banyak bahan alami / herbal disekitar kita yang memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe, diantaranya.
- Minyak jojoba, yang terkenal sebagai pelembab alami yang baik untuk kulit dan mencegah munculnya minyak pada kulit dan menyeimbangkan PH kulit sehingga kerombe tidak akan muncul.
- Jeruk nipis, gosokan pada kulit kepala dan tunggu beberapa saat lalu bilas. Asam salisilat pada jeruk bermanfaat membersihkan minyak yang berlebih pada kulit kepala.
- Minyak kelapa murni, pijat kulit kepala anda dengan minya kelapa murni lalu tutup dengan handuk panas diamkan beberapa saat. Minyak kelapa murni memiliki sifat anti jamur yang baik untuk mencegah ketombe.
- Kulit nanas, parut nanas yang sudah matang lalu gosokkan pada permukaan kulit kepala, diamkan semalaman lalu bilas pada pagi hari. Nanas mengandung zat bromelain yang berkhasiat untuk membuang jaringan kulit tidak sehat termasuk ketombe.

5.
Pola hidup sehat.
Perhatikan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi, kurangi stres, jaga kebersihan tubuh, hindari rokok dan alkohol, konsumsi vitamin yang baik untuk kulit.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok.ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga,manfaat daun,manfaat makanan dan manfaat minuman serta kesehatan juga kecantikan.

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar