Sabtu, 19 Januari 2013

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri Haid

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Saat menstruasi, seringkali tubuh mengalami nyeri yang mengganggu, misalnya nyeri dan kram di daerah perut. Dengan tips ini, Anda bisa mengatasi nyeri tersebut dan bisa beraktivitas dengan lancar.Haid atau menstruasi adalah perubahan fisiologis yang akan dialami wanita setiap bulan, 12 kali dalam setahun. Sebagai bagian dari proses reproduksi, menstruasi tidak sekedar datang menyapa lalu pergi begitu saja, banyak wanita yang harus melewati beberapa penderitaan saat menstruasi, terutama di hari pertama hingga kedua.

Cara Mengatasi Nyeri Haid:

1.Minuman Hangat. 
Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat (atau hangat yang sedikit panas). Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan Anda.

2.Kompres Perut. 
Nyeri atau kram pada perut dapat berkurang dengan mengompresnya dengan air hangat. Anda bisa memakai alat kompres khusus atau menggunakan handuk yang telah direndam air hangat dan diperas.

3.Berbaring. 
Berbaring di tempat tidur atau sofa dapat mengurangi nyeri yang Anda alami, terutama jika Anda sering mengalami nyeri di punggung ketika menstruasi. Beri bantal untuk menyangga lutut Anda, pejamkan mata, tarik napas panjang, buang perlahan. Lakukan terus sampai Anda merasa nyaman.

4.Pijatan Lembut. 
Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Lakukan dengan lembut, usap ringan telapak tangan Anda di bagian perut bawah. Bisa Anda oleskan minyak kayu putih yang dapat memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

5.Minum Jamu. 
Indonesia memiliki warisan bahan-bahan alami yang dapat membantu para wanita mengurangi nyeri saat menstruasi. Jamu kunyit asam dapat membuat tubuh segar dan fit selama menstruasi. Akan lebih baik jika jamu kunyit asam adalah buatan Anda sendiri.

6.Olahraga Ringan. Saat menstruasi datang dan tubuh tidak fit, olahraga ringan dapat mengatasi masalah tersebut. Olahraga ringan seperti berjalan atau senam yang dilakukan sebelum dan selama menstruasi dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih segar.

7.Konsultasi ke Dokter. 
Jika cara yang kami sebutkan di atas tidak membantu atau nyeri yang Anda alami sangat mengganggu aktivitas, segera konsultasikan ke dokter. Walaupun nyeri haid dialami hampir semua wanita dan merupakan hal yang wajar, beberapa nyeri yang sangat mengganggu bisa menjadi gejala awal masalah organ reproduksi. Pemeriksaan oleh ahli kesehatan sangat diperlukan untuk mencari apa penyebab nyeri yang Anda alami.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok.ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga,manfaat daun,manfaat makanan dan manfaat minuman serta kesehatan juga kecantikan.

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar