Rabu, 09 Januari 2013

Perawatan Bayi yang Mengalami TBC Paru

Gejala dan Perawatan TBC Paru Pada Bayi

Perawatan Bayi yang Mengalami TBC Paru

Seperti yang kita ketahui bahwa bayi tidak dapat berkomunikasi layaknya anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga orang tua yang memiliki bayi di rumah harus mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap kesehatan buah hatinya. Terkadang sebuah penyakit baru diketahui oleh orang tua sewaktu si kecil telah kesakitan dengan parah. Tentu saja kita sebagai orang tua tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada keluarga di rumah.

TBC paru atau yang lebih dikenal dengan Tubercolusa paru di dunia medis merupakan salah satu penyakit menular yang sering diderita oleh penduduk negara-negara miskin dan berkembang, seperti juga di negeri kita ini. Penyakit ini disebabkan oleh kuman/bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang tubuh manusia. Setiap orang dapat terkena kuman Mycobacterium Tuberculosis. Bahkan data terakhir menunjukkan angka yang mengkhawatirkan, yakni 3% hingga 6% rakyat Indonesia adalah pengidap penyakit TBC paru. Maka kewaspadaan terhadap penyakit TBC paru ini harus disosialisasikan kepada masyarakat secara luas.

Gejala TBC Paru pada bayi:

Perawatan bayi penderita TBC paru membutuhkan informasi yang seksama mengenai gejala TBC paru tersebut. Adapun gejala dari TBC paru pada bayi, yaitu:
  • Bayi mengalami lebih dari 3 minggu batuk. Kadang disertai darah.
  • Badan bayi lemah. Gejala ini ditunjukkan dengan adanya nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan berat badan menurun.
  • Nafas pada bayi sesak serta nyeri dada.
  • Bayi mengalami demam lebih dari 1 bulan serta keluar keringat pada malam hari.
Cara Tepat untuk Perawatan Bayi Penderita Tb Paru:

Setelah mengetahui gejala dari TBC paru, hal penting selanjutnya yaitu mengetahui perawatan bayi penderita TBC paru. Adapun perawatan yang dapat dilakukan dalam TBC paru diantaranya sebagai berikut:
  • Minum obat TBC paru secara teratur. Bagi orang tua yang memiliki bayi dan mengalami TBC paru harus memperhatikan hal ini. Meminum obat TBC paru akan menjadikan bayi mampu bertahan menghadapi serangan penyakit TBC paru.
  • Anda harus merespon dengan cepat ketika bersin atau batuk untuk menutup mulut sang bayi.
  • Jangan lupa untuk menjemur tempat tidur sang bayi secara teratur. 
  • Bayi harus mendapatkan udara segar serta sinar matahari yang cukup
Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar