Rabu, 09 Januari 2013

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai peran sangat penting untuk kesehatan kita. Tanpa hati yang berfungsi secara sempurna maka racun yang ada dalam tubuh tidak akan bisa dengan sempurna disaring dan dibersihkan. Hati bekerja untuk membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino.

Hati adalah organ seberat 1,5 kg dan terletak di sisi kanan perut bagian atas. Organ hati akan bekerja keras untuk mengeluarkan racun dan lemak jahat yang dikonsumsi melalui makanan sehari-hari. Jika racun tersebut tidak dikeluarkan bisa memicu berbagai masalah dan penyakit di hati.

Tips mudah menjaga kesehatan hati anda :
  1. Menjaga kesehatan hati dimulai dari makanan yang kita makan. Makanan yang baik untuk hati anda yaitu bawang merah, bawang putih, Sayur-sayuran (kembang kol, kubis, selanda air, sawi hijau), biji-bijian (gandum dan beras merah), kunyit, teh hijau, kedelai dan anggur merah.
  2. Tips menjaga kesehatan hati yang kedua dengan membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh anda. dalam hal ini membatasi berbagai makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang kita konsumsi setiap harinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.
  3. Anda sebaiknya menhindari berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol. Minuman yang mengandung alkohol tersebut dapat berpengaruh sangat buruk pada metabolisme organ hati yang anda miliki.  
  4. Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok, menjauhi asap dan berbagai cairan beracun. Karena asap-asap yang mengandung racun tersebut akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru paru anda dan akan di bawa ke organ hati. Kemudian mengalami detoksifikasi dan di hilangkan di empedu.Oleh karena itulah, jumlah dan konsentrasi bahan kimia tersebut harus dikontrol untuk mencegah kerusakan hati anda.
  5. Tips yang kelima yaitu dengan mencuci tangan dengan bersih yaitu dengan sabun dan air yang bersih setelah buang air besar dan sebelum menyiapkan berbagai makanan yang akan anda konsumsi. Agar kesehatan hati anda tetap terjaga.
Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar