Selasa, 08 Januari 2013

20 Tips Efektif Turunkan Berat badan

Tips Efektif Turunkan Berat badan

20 Tips Efektif Turunkan Berat badan
 
Mempunyai tubuh ramping dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Berat badan dan nutrisi yang seimbang meminimalisir datangnya penyakit di tubuh kita. Untuk mencapai hal tersebut, pola makan yang seimbang serta olahraga teratur merupakan cara terbaik. Selain menjaga pola makan dan olahraga, mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan herbal juga dapat memberikan efek positif dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tips-tips efektif turunka berat badan:

1. Minum banyak air atau minuman bebas kalori
Sebelum anda membuka bungkus keripik kentang, minumlah segelas air terlebih dahulu. Orang terkadang bingung antara haus dan lapar, sehingga dapat berakhir dengan makan ekstra kalori, padahal segelas airlah yang ia butuhkan. Selain itu juga anda bisa menyeduh secangkir teh herbal.

2. Selektif terhadap makanan ringan di malam hari
Ngemil di depan televisi saat santai di malam hari adalah salah satu cara termudah untuk merusak program diet anda tentunya. Lebih baik tutup dapur anda atau hindari ngemil pada malam hari. Jikapun harus ngemil, pilihlah makanan ringan yang rendah kalori.

3. Makan Beberapa porsi kecil
Jika Anda makan kalori lebih sedikit daripada yang dibakar, anda akan kehilangan berat badan. Tapi ketika Anda lapar sepanjang waktu, makan lebih sedikit kalori dapat menjadi tantangan. “Studi menunjukkan orang yang makan makanan 4-5 kali per hari lebih mampu mengontrol nafsu makan dan berat badan,” kata peneliti obesitas Rebecca Reeves, DrPH, RD. Dia merekomendasikan untuk membagi kalori harian ke dalam porsi kecil atau makanan ringan dan menikmati sebagian besar makanan mereka.

4. Makan protein setiap kali makan

Usahakan untuk mengonsumsi protein di setiap makanan anda. Itu lebih memuaskan perut anda daripada karbohidrat atau lemak dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga membantu mempertahankan massa otot dan mendorong pembakaran lemak. Jadi pastikan untuk memasukkan protein sehat seperti makanan laut, daging tanpa lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, dan kacang ke makanan anda.

5. Tambahkan bumbu pedas pada makanan

Tambahkan bumbu cabai pada makanan anda sebagai dorongan rasa yang dapat membantu Anda merasa puas. “Makanan yang sarat dengan rasa akan merangsang selera Anda dan lebih memuaskan, sehingga Anda tidak akan makan banyak,” kata juru bicara American Dietetic Association Malena Perdomo, RD

6. Penuhi kulkas anda dengan makanan sehat
Isi kulkas anda dengan makanan-makanan yang sehat seperti sayuran, keju rendah lemak, tomat kaleng, kacang kaleng, gandum, buah-buahan dan lain-lainnya sehingga anda bisa mengolah makanan dari bahan-bahan tersebut sewaktu-waktu saat anda lapar. Dengan begitu anda terhindar dari niatan untuk memesan pizza dan makanan siap saji lainnya.

7. Pesan makanan dengan porsi anak-anak saat di restoran
Memesan hidangan dengan ukuran anak-anak adalah cara yang bagus untuk memotong kalori dan menjaga porsi Anda yang masuk akal. Telah menjadi tren populer bagi kebanyakan orang yang tidak akan ragu-ragu ketika memesan makanan dengan porsi untuk anak-anak. Trik lainnya adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Hal ini membantu agar porsi terlihat banyak, dan jika pikiran Anda puas, perut Anda juga akan puas.

8. Kurangi makanan berpasta dan berbahan tepung

Cukup dengan mengurangi makan pasta atau roti dan ganti dengan makan sayuran lebih banyak, Anda bisa kehilangan ukuran baju atau celana dalam setahun. “Anda dapat menyimpan 100-200 kalori jika Anda mengurangi porsi tepung pada piring Anda dan meningkatkan jumlah sayuran,” kata Cynthia Sass, RD, juru bicara American Dietetic Association.

9. Selalu makan pagi

Jika menurut anda bahwa melewatkan sarapan akan menurunkan berat badan, jangan terlalu yakin dulu. Beberapa studi menunjukkan sebaliknya. Tidak sarapan dapat membuat Anda merasa lapar kemudian, yang menyebabkan terlalu banyak mengunyak dan berpesta makan saat makan siang dan makan malam. Untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, usahakan untuk makan pagi yang sehat, tinggi serat seperti sereal, susu rendah lemak, dan buah.

10. Sertakan serat dalam diet Anda
Serat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kolesterol serta dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk menuai manfaat serat, kebanyakan wanita harus mendapatkan sekitar 25 gram sehari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 38 gram – atau 14 gram per 1.000 kalori. Sumber serat yang baik termasuk oatmeal(havermut), kacang-kacangan, makanan gandum, dan berbagai buah-buahan dan sayuran.

11. Bersihkan lemari dari makanan yang menggemukkan
Singkirkan makanan-makanan yang tinggi kalori dan lemak di lemari penyimpanan anda, tidak terkecuali es krim yang ada di lemari pendingin anda.

12. Menurunkan berat badan perlahan-lahan
Jangan tergesa-tergesa dalam menurunkan berat badan. Mengurangi berat badan memerlukan waktu dan tidak bisa instan. Para ahli mengatakan bahwa menurunkan berat badan yang realistis adalah sekitar 1-2 kg dalam seminggu. Jika harapan anda terlalu tinggi mungkin anda akan cepat menyerah.

13. Timbang diri Anda seminggu sekali

Orang-orang yang menimbang diri mereka secara teratur cenderung mengurangi berat badan lebih sukses. Tetapi kebanyakan ahli menyarankan menimbang beratnya sendiri hanya sekali seminggu, sehingga Anda tidak tergelincir oleh fluktuasi harian. Ketika Anda menimbang diri Anda, ikuti tips ini: Timbang diri Anda pada waktu yang sama, pada hari yang sama dalam seminggu, pada skala yang sama, dan dalam pakaian yang sama.

14. Cukup Tidur
Jika anda kurang tidur, tubuh anda akan menghasilkan hormon ghrelin yang dapat menstimulasi nafsu makan namun kurang menghasilkan hormon leptin yang dapat memberi sinyal anda ketika anda sedang kenyang. Cukup tidur juga menjaga anda dari aktivitas mengemil yang tidak perlu.

15. Memahami ukuran porsi
Untuk ukuran tepat dalam diet anda, gunakan skala dapur dan gelas ukur untuk mengukur porsi anda selama 1-2 minggu. Gunakan piring dan gelas kecil untuk menurunkan jumlah porsi anda.

16. Makan lebih banyak buah dan sayuran
Diet terbaik adalah di mana Anda bisa makan lebih banyak makanan, tidak kurang. Jika Anda makan lebih banyak buah dan sayuran, Anda tidak perlu merasa lapar karena buah dan sayuran kaya akan gizi juga tinggi serat dan air, yang dapat memberikan perasaan kenyang. Ngemil dapat menjadi hal yang baik selama Anda memilih makanan ringan dengan cerdas.

17. Kunyah permen karet tanpa gula

Kunyahlah permen karet tanpa gula sebagai ganti snack atau makan ringan yang dapat menggemukkan. Mengunyah beberapa jenis permen karet memberikan nafas segar dan juga dapat membantu mengelola rasa lapar, mengendalikan ketagihan ngemil, dan membantu dalam penurunan berat badan. Meskipun permen karet bisa membuat Anda makan lebih sedikit, itu tidak berarti Anda bisa berhenti makan makanan yang benar.

18. Menyimpan buku harian makanan
Sebuah pena sederhana dan kertas secara dramatis dapat meningkatkan penurunan berat badan Anda. Studi menunjukkan bahwa menulis apa yang Anda makan dan minum cenderung membuat Anda lebih menyadari apa, kapan, dan berapa banyak Anda mengkonsumsi makanan, memberi tahu Anda untuk akhirnya mengambil kalori lebih sedikit.

19. Rayakan kesuksesan anda (tapi tidak dengan makanan)

Anda kehilangan 2-5 kg sebulan ini dan terus berkurang setiap minggu? Waktu untuk merayakannya! merayakan jerih payah anda dalam menurunkan berat badan dapat mendorong lebih sukses lagi, jadi bersenang-senanglah atas prestasi Anda. Lakukan aktivitas yang menyenangkan buat anda seperti nonton film dan aktivitas lainnya, hanya saja, jangan merayakan dengan es krim atau pizza disela-sela aktivitas anda.

20. Minta bantuan dari keluarga dan teman
Mendapatkan dukungan dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan dalam menurunkan berat badan. Jadi, katakan pada keluarga dan teman-teman tentang upaya Anda untuk menjalani gaya hidup sehat. Mungkin mereka akan bergabung dengan Anda dalam berolahraga maupun makan makanan yang sehat. Ketika Anda merasa ingin menyerah, mereka akan membantu Anda dan menghibur kamu membuat perjuangan anda jauh lebih mudah.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar