Minggu, 06 Januari 2013

10 Manfaat Mineral Yodium Untuk Kesehatan

Manfaat Mineral Yodium Untuk Kesehatan

10 Manfaat Mineral Yodium Untuk Kesehatan

Yodium (iodine) adalah unsur kelumit (trace element) yang esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Sekitar 60% yodium dalam tubuh tersimpan dalam kelenjar tiroid. Yodium berperan penting dalam menjaga fungsi normal kelenjar tiroid, yang menghasilkan hormon tiroid. Hormon tiroid mengendalikan laju metabolisma dalam tubuh.

Manfaat mineral yodium Untuk kesehatan tubuh:
 
1. Mencegah Penyakit Gondok

Kekurangan Yodium menyebabkan kelainan pada kelenjar tiroid yang disebut penyakit gondok. Penyakit ini menyebabkan kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormone tiroid sebagaimana mestinya.

2. Mengendalikan Laju Metabolisma
Yodium mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid dengan membantu menghasilkan hormon yang secara langsung bertanggungjawab mengendalikan laju metabolisma.

3. Membantu Mengendalikan Berat Badan
Yodium berperan penting dalam mengendalikan berat badan karena yodium menjamin penggunaan kalori secara optimum dan meminimalisir penimbunan kalori dalam bentuk lemak tubuh.

4. Menjamin Pertumbuhan Tubuh yang Sehat
Hormon tiroid berperan penting dalam menjamin pertumbuhan tubuh khususnya bagi anak-anak. Yodium diperlukan ibu hamil untuk menjamin pertumbuhan bayi yang sehat dalam kandungan.

5. Membantu Perkembangan Otak
Yodium berperan penting dalam menjamin perkembangan otak, bahkan sejak usia bayi dalam kandungan. Kekurangan yodium pada anak-anak dapat menyebabkan keterbelakangan mental.

6. Mengendalikan Tekanan Darah

Yodium membantu fungsi kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon tiroid. Hormon ini bersama hormon tiroksin dan hormon triodotironin mempengaruhi laju detak jantung dan tekanan darah.

7. Menyehatkan Rambut
Yodium turut berperan menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan rambut sehingga mencegah rambut rontok

8. Membuang Racun dari Tubuh
Yodium membantu membuang toksin dari tubuh. Yodium efektif menghilangkan bahan kimia toksik seperti merkuri, timbal, dan fluor dari tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi
Yodium membantu pertumbuhan dan pematangan organ reproduksi.

10. Menjaga Kulit Tetap Halus
Yodium turut berperan dalam menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. Salah satu gejala defisiensi yodium adalah kulit kasar.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar