Rabu, 02 Januari 2013

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat ?

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat

Manfaat daun Sirih Sebagai Obat ?

Sirih Hitam (Piper betel var nigra). Ada beberapa jenis sirih yang dikenal di masyarakat, misalnya, sirih jawa (daun lebih lembut, kurang tajam, hijau rumput), sirih belanda (daun besar, hijau tuam rasa dan bau tajam dan pedas), sirih cengkeh (kecil, daun kuning, rasa seperti cengkeh), sirih kuning, dan sirih hitam. 

Sirih sangat kaya dengan kandungan zat berkhasiat, di antaranya, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati.

Manfaat sirih untuk pengobatan:

1.Mempelancar buang air besar,
adapun cara penggunaannya jus daun sirih dengan campuran susu dan sedikit gula atau madu sebagai pemanis.

2.Sakit persendian
daun sirih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit pada saraf, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak dan kelelahan. Adapun cara penggunaannya : jus beberapa daun sirih dan satu sendok Madu, diminum dua kali sehari.

3.Untuk obat batuk
adapun cara penggunaannya, sediakan 15 lembar daun sirih kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 3/4-nya, minum dengan madu. Obat bronchitis, sebanyak tujuh lembar daun sirih dan gula batu satu potong direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, minum sehari 3 X 1/3 gelas.

4.Menghilangkan bau badan
cara penggunaannya sediakan lima lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, minum siang hari.

5.Obat luka bakar
cara penggunannya, sediakan beberapa daun segar diperas airnya, ditambah sedikit madu, bubuhkan di tempat yang luka bakar. Mimisan, daun agak muda satu lembar dilumatkan, digulung untuk menyumbat hidung berdarah. Bisul, daun sirih secukupnya dicuci bersih, digiling menjadi halus, dioleskan pada bisul dan sekelilingnya, dibalut. Sehari diganti dua kali.

6.Mengatasi mata gatal dan merah
cara penggunaan, sediakan lima sampai enam lembar daun kemudian direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata. Sehari tiga kali sampai sembuh.

7.Untuk koreng dan gatal-gatal
penggunaannya, sediakan 10 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci.

8.Menghentikan pendarahan gusi
cara penggunaannya sediakan empat lembar daun kemudian direbus dengan dua gelas air, dipakai untuk kumur. Obat sariawan, daun sirih segar sebanyak satu sampai dua lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang.

9.Untuk menghilangkan bau mulut
sebanyak dua sampai empat lembar daun diremas, lalu diseduh, dipakai untuk kumur.

10.Obat jerawat
tujuh sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan dua sampai tiga kali.

11.Obat keputihan
adapun penggunaannya sediakan 10 lembar daun kemudian direbus dengan 2,5 liter air, hangat-hangat dipakai untuk mencuci daerah kewanitaan.

12.Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan
beberapa lembar daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.

13Menyembuhkan luka
adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut ; haluskan beberapa lebar daun sirih kemudian dikompreskan pada luka dengan cara dibungkus sama kain atau perban, biasanya lukanya akan sembuh dalam kurun waktu 2 hari.

Dari Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat ? diatas ternyata indonesia kaya akan tumbuhan dan daun,dimana daun memiliki banyak khasiat yang baik untuk manusia,mari kita lestarikan tanaman diindonesia.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar