Selasa, 01 Januari 2013

Berbagai Macam Manfaat Sayur Sawi

Berbagai Macam Manfaat Sayur Sawi

Berbagai Macam Manfaat Sayur Sawi

Sawi (brassica juncea) termasuk ke dalam famili Curciferae merupakan tanaman semusim yang berdaun lonjong, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop. Batang tanaman sawi pendek dan lebih langsing dari tanaman petsai. Ia mempunyai akar tunggang dengan banyak akar samping yang dangkal. Bunganya mirip petsai, tetapi rangkaian tandan lebih pendek. Ukuran kuntum bunganya lebih kecil dengan warna kuning pucat spesifik. Bijinya berukuran kecil dan berwarna hitam kecokelatan serta terdapat dalam kedua sisi dinding sekat polong yang gemuk.

Sawi Hijau diketahui banyak mengandung serat, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, kalium, fosfor, tembaga, magnesium, zat besi, dan protein. Dengan kandungannya tersebut, Sawi Hijau berkhasiat untuk mencegah kanker, hipertensi, dan penyakit jantung; membantu kesehatan sistem pencernaan; mencegah dan mengobati penyakit pelagra; serta menghindarkan ibu hamil dari anemia.

Manfaat dari sayur sawi untuk kesehatan:
  1. Membantu mencegah osteoporosis karena kandungan vitamin K dalam sawi dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.
  2. Kandungan kalsium pada sawi mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diabetes mellitus.
  3. Sawi mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses aterosklerosis dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung.
  4. Sawi dapat menjaga kornea mata agar selalu sehat dengan adanya vitamin A membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air.
  5. Kandungan asam folat dalam sawi berfungsi dalam proses sintesis nucleoprotein yang merupakan inti dari pembentukan dan produksi butir – butir darah merah normal dalam sumsum tulang yang dapat mencegah anemia.
  6. Kandungan vitamin E pada sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel. The George Mateljan Foundation (2006) menggolongkan sawi dalam kategori excellent sebagai sumber viatamin E. Kebutuhan rata – rata vitamin E mencapai 10 – 12 miligram/hari.
  7. Selain vitamin E, betakaroten dan vitamin C pada sawi sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol Ldl.
Manfaat sayur sawi untuk penyakit:

1. Sawi dapat mencegah osteoporosis
Yaitu dari kandungan vitamin K untuk mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.

2. Sawi dapat melindungi kulit

Yaitu dari kadungan vitamin E yang tinggi pada sawi.

3. Menambah daya tahan tubuh dan menyembuhkan luka melawan infeksi dan stres.

Yaitu dari konsumsi sawi 1 cangkir mampu memenuhi 59 persen kubutuhan tubuh akan vitamin C yang hampir setara dengan buah jeruk.

4. Sawi dapat mencegah dibetes millitus

Yaitu kalsium dalam sawi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

5. Sawi dapat mencegah anemia

Yaitu asal folat untuk pembentukan dan produksi butir-butir darah dalam sumsum tulang.

6. Sawi dapat menjaga kornea mata agar tetap sehat

Yaitu kandungan vitamin A pada sawi.

7. Sawi dapan mencegah penyakit jantung

Yaitu kandungan vitamin E, betakaroten, dan vitamin C pada sawi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung.

8. Sawi dapat mencegah penyakit gondok

Yaitu goitrogen yang dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid, yang dapat menyebabkan terjadinya goiter gondok.

9. Sawi dapat menangkal macam-macam kanker

Yaitu Indol dan isotiosianat yang berfungsi untuk mereduksi potensi kanker, dan mengatur enzim.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar