Minggu, 06 Januari 2013

10 Manfaat Dari Makan Kacang Merah

Manfaat Dari Makan Kacang Merah

10 Manfaat Dari Makan Kacang Merah

Kacang merah dalam bahasa Inggris disebut kidney bean (artinya kacang ginjal) karena bentuk dan warna biji kacang merah mirip ginjal. Kacang ini biasanya digunakan untuk bahan campuran pada masakan seperti gulai, sup, rendang dan lain sebagainya. Kacang merah menyediakan banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Dari Makan Kacang Merah:

1. Memperkuat Imunitas Tubuh
Kacang merah mengandung 8 macam asam amino esensial yang diketahui berperan dalam memperkuat kekebalan (imunitas) tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

2. Mencegah Kerusakan Sel Akibat Radikal Bebas
Kacang merah kaya akan anthocyanin yang merupakan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Mengendalikan Glukosa Darah
Kacang merah mengandung serat larut (soluble fiber). Serat larut akan larut dalam air dan membentuk gel dalam usus sehingga memperlambat penyerapan karbohidrat yang akan diubah menjadi glukosa. Hal ini memperlambat kenaikan glukosa darah.

4. Menurunkan Kolesterol Darah
Serat yang terdapat dalam kacang merah akan mengikat asam empedu dalam usus. Asam empedu berguna untuk sisntesis kolesterol. Berkurangnya asam empedu yang tersedia mengurangi pembentukan kolesterol dalam tubuh.

5. Mencegah Anemia
Anemia dapat disebabkan karena kekurangan zat besi. Kacang merah mengandung zat besi sehingga mengkonsumsi kacang merah dapat membantu mencegah anemia.

6. Detoksifikasi Sulfit
Kacang merah mengandung mineral molibdenum yang membantu detoksifikasi (menghilangkan racun) sulfit dari makanan.

7. Mencegah Radang Sendi
Kacang merah mengandung mineral tembaga (copper) yang membantu mengurangi inflamasi (peradangan) khususnya radang sendi.

8. Mencegah Nyeri Otot
Kacang merah mengandung magnesium yang membantu merelaksasi/mengendurkan otot.

9. Melancarkan Pencernaan
Serat yang terdapat dalam kacang merah membantu melancarkan pencernaan sehingga memudahkan BAB (buang air besar) dan mencegah berbagai gangguan pencernaan.

10. Menguatkan Tulang dan Gigi
Kacang merah mengandung kalsium yang merupakan komponen penting struktur tulang dan gigi.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar