Selasa, 01 Januari 2013

Berbagai Macam Manfaat Dari Kulit Manggis

Manfaat Kulit manggis

Berbagai Macam Manfaat Dari Kulit Manggis

Buah Manggis yang memiliki rasa manis dan mempunyai nama latin Garcinia mangostana ini mempunyai banyak peranan dan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam sejarahnya Manggis telah digunakan untuk terapi pengobatan tradisional pada masa dinasti Ming (Cina). Dan dari berbagai penelitian ternyata, dari beberapa laboratorium penelitian telah menyimpulkan dan menggaris-bawahi kemampuan xanthones dalam mengatasi beberapa bakteri seperti: Staphylococcus aureus (bakteri penyebab intoksisasi), interococci , salmonela, helicobacter pylori (bakteri pencernaan), dan enterococci.

Manfaat dari
kulit manggis yang ternyata mengandung zat xanthones ini antara lain sebagai Antiviral, Antifungal, Antiparasitic, Antiallergen, Helps lower blood pressure, Helps fight fatigue, Prevents stomach ulcers, Aids with weight loss, Builds immunity to disease, Heart protective, Combats diarrhea, Pain reducer, Analgesic, Anti-parkinson, Anti-Alzheimer, Antidepressant, dan Lowers fevers

Manfaat Kulit Manggis Sebagai Obat Alami : 

Kulit buah manggis sebagai obat alami penyakit Disentri 
Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus denga 4 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, lalu diminum dengan madu bila perlu. Minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 3/4 gelas. 

Kulit buah manggis sebagai obat Diare 
Ambil kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian diminum dengan madu seperlunya. Minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Cuci bersih 5 gr kulit buah manggis segar, 2 genggam daun senduduk muda yang masih segar, dan 3 lembar daun sembung segar. Rebus 1,5 gelas air besih sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum untuk tiga kali. Yaitu pagi, siang dan sore. 

Kulit buah manggis sebagai obat Wasir  
Keringkan kulit buah delima dan kuit buah manggis, buat menjadi serbuk untuk diminum 

Khasiat kulit buah manggis untuk menyembuhkan Radang Amandel  
Kumpulkan kulit buah manggis yang telah masak, cuci hingga bersih, dan masukkan kedalam air mendidih. Satu buah kulit manggis direbus dengan 2 liter air. Setelah beberapa menit, angkat dan saring lalu dinginkan. Gunakan untuk berkumur, usahakan sampai mengenai bagian amandel, tetapi jangan sampai tertelan. Ulangi beberapa kali sampai amandel tidak bengkak lagi. 

Kulit buah manggis sebagai obat sariawan  
Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong. Selanjutnya rebus denga 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk berkumur dan diminum. Lakukan 3-6 kali sehari sebanyak 2 sendok makan. 

Kulit buah manggis dapat mempercepat penyembuhan luka dan gigitan serangga  
Kulit buah manggis yang telah kering ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak, lalu diletakkan pada luka atau bengkak gigitan serangga. 

Kulit buah manggis dapat memutihkan gigi  
Kulit buah manggis dibakar dan ditumbuk hingga halus dan gunakan sebagai pasta gigi. 

Khasiat kulit buah manggis untuk Rematik/asam urat/kanker  
Kulit buah manggis diiris kecil-kecil, kemudian dijemur sampai kering. Celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering ke dalam 2 gelas air panas. Setelah hangat dan warna air menjadi ungu, ramuan dapat diminum. Rasanya agak sepet tapi enak 

Khasiat kulit buah manggis untuk meredakan berak berdarah  
Ambil kulit manggis, cuci dan keringkan (dijemur sampai kering). Rebus bersama 5 cawan air hingga tinggal 1 cawan pekat. Minum secara teratur 

Khasiat kulit buah manggis untuk mengobati pendarahan bagi wanita  
Ambil kulit dari 1/2 buah manggis, rebus lalu diminum.
Gejala pendarahan pada wanita adalah sebagai berikut: 
Keluar darah diluar haid -Darah keluar selama 1 bulan tanpa henti 
Keluar darah dari kemaluan setelah buang air besar

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Jantung :
  • Membantu mencegah penyakit jantung.
  • Memperkuat pembuluh darah.
  • Menurunkan kolesterol LDL.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Membantu mencegah arteriosclorosis. 
Manfaat Kulit manggis untuk Kesehatan Pencernaan :
  • Membantu mengatasi penyakit GERD (penyakit kronik yang ditandai dengan mengalirnya asam lambung ke dalam kerongkongan).
  • Membantu menyembuhkan borok/bisul.
  • Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS).
  • Membantu menghentikan diare.
  • Dapat meringankan peradangan usus besar ataupun kecil yang dikenal dengan Crohn`s disease.
  • Bisa mencegah salah satu penyakit radang usus besar (diverticulitis).
Manfaat Kulit Mnaggis Untuk Awet Muda :
  • Menambah energi, meningkatkan kegembiraan dan menaikkan stamina.
  • Memperlambat proses penuaan.
  • Membantu menghindari penyakit kemerosotan pada otak (dementia & Alzheimer`s).
  • Membantu mencegah batu ginjal.
  • Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
  • Meredakan sakit akibat radang sendi.
  • Memperbaiki kerusakan dari penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID).
  • Alat bantu untuk mata.
Dari Berbagai Macam Manfaat Dari Kulit Manggis diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar