Selasa, 08 Januari 2013

10 Cara Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Cara Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

10 Cara Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Kanker adalah vonis yang paling tidak ingin didengar oleh siapapun. Sebab selama ini kanker dikenal sebagai penyakit yang paling sulit untuk diatasi.
Penyebab kanker beragam mulai dari gen hingga gaya hidup yang tidak sehat. Melakukan sedikit perubahan pada gaya hidup Anda tentu akan berdampak besar terhadap kesehatan.
Jika ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, sebaiknya berpikir untuk merubah gaya hidup tidak sehat Anda.Coba 10 Cara Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker.

Tips dan cara sederhanauntuk mencegah kanker:

1. Usahakan Memiliki Berat Badan Normal
Kelebihan berat badan atau kegemukan (obesitas) mengindikasikan bahwa tubuh kelebihan lemak. Kelebihan lemak tubuh mempengaruhi metabolisma secara umum. Gangguan metabolisma dapat menyebabkan gangguan mekanisme pertahanan tubuh seperti produksi hormon, pengubahan vitamin, pembentukan sel darah, dsb. Hal ini membuat pertahanan tubuh tidak memadai terhadap, kerusakan sel, mutasi sel, masuknya bakteri, dsb.

2. Olahraga Teratur
Olahraga dapat mencegah kelebihan berat badan yang merupakan faktor resiko berbagai penyakit. Olahraga juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi organ dan fungsi hormon yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

3. Batasi Asupan Kalori dari Makanan dan Minuman
Terlalu banyak asupan kalori dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas yang meningkatkan resiko penyakit kanker.

4. Banyak Makan Sayuran, Buah, Bulir Utuh dan Legume (Kacang-kacangan)
Sayuran, buah, bulir utuh, dan legume kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan serat pangan (dietary fiber) alami. Kecukupan akan nutrisi penting tersebut membantu fungsi dan mekanisme pertahanan tubuh terhadap gangguan kesehatan termasuk kanker. Antioksidan khususnya dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel akibat radikal bebas yang dapat memicu kanker.

5. Tidak Merokok
Merokok meningkatkan resiko berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker serviks, dan kanker ginjal. Merokok juga dapat merusak fungsi organ terutama jantung dan paru-paru. Saat menghisap asap rokok, perokok akan memasukkan berbagai bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh yang dapat terbawa aliran darah ke seluruh tubuh.

6. Tidak Minum Alkohol
Banyak minum alcohol merupakan faktor resiko bagi penyakit kanker tertentu dan berbagai jenis penyakit lainnya. Kelebihan alkohol dalam darah mengganggu fungsi normal metabolisma tubuh.

7. Makan Makanan Sehat Secara Seimbang Gizi
Memilih makanan sehat secara seimbang nutrisi akan memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi secara sehat. Kecukupan nutrisi menjamin fungsi tubuh termasuk fungsi pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit dapat berlangsung secara normal.

8. Hindari Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti seks bebas dan narkoba tidak hanya merusak mental tetapi juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Berganti pasangan seksual atau berganti menggunakan jarum suntik dapat menyebabkan penularan penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS yang menghilangkan kekebalan tubuh.

9. Dapatkan Imunisasi
Imunisasi biasanya diberikan pada anak-anak. Orang dewasa juga dapat mendapat imunisasi Hepatitis B dan vaksin HPV (human papilloma virus). Penyakit Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati sedangkan HPV menyebabkan kanker serviks (kanker mulut rahim). Khusus bagi bayi selain mendapatkan imunisasi vaksin, ia juga dianjurkan minum ASI untuk mendapatkan imusisasi alami.

10. Periksa Kesehatan
Periksalah kesehatan anda secara berkala termasuk organ dalam. Beberapa metoda pemeriksaan organ sederhana seringkali dapat membantu menemukan tumor misalnya ultrasonografi, sinar X, dan pemeriksaan pap smear. Jika anda sakit periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat memicu kanker.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar