Sabtu, 29 Desember 2012

Manfaat Vitamin B1 Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin B1

Manfaat Vitamin B1 untuk kesehatan Tubuh

Vitamin B1 atau disebut Thimin sering digunakan dalam minuman berenergi karena sifatnya yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 juga mampu mengoptimalkan kerja otak. Diketahui konsumsi vitamin B1 yang bisa membuat otak lebih optimal adalah 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk wanita hamil, dan 1,4 mg untuk wanita menyusui.

Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan masalah pada daya ingat. Lalu kehilangan nafsu makan dan gangguan tidur seperti insomnia. Penyakit beri-beri juga disebabkan oleh kurangnya konsumsi vitamin B1.

Sumber yang mengandung vitamin B1 :
  • gandum, 
  • daging, 
  • susu, 
  • kacang hijau, 
  • ragi, 
  • beras, 
  • telur,
Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 :
  • kulit kering/kusik/busik, 
  • kulit bersisik, 
  • daya tahan tubuh berkurang.
Manfaat B1 untuk tubuh adalah sebagai berikut:

1.Vitamin B1 membantu mencegah penyakit beri-beri. 
Beri-beri merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem saraf. Dimana gejalanya adalah terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh terutama persendian disertai rasa nyeri, mati rasa, kesemutan, atau sensasi terbakar di tangan dan kaki, kebingungan, kesulitan bernapas karena cairan di paru-paru, dan gerakan mata yang tidak terkendali yang disebut nystagmus. Semua gejala terjadi karena kerusakan sistem saraf.

2.Vitamin B1 pencegah terjadinya stress. 
Para ahli kesehatan dan gizi di Amerika Serikat sepakat bahwa vitamin B1 sangat bermanfaat untuk meningkatkan mood, meningkatkan energi dan kewaspadaan karena vitamin B1 bekerja dengan cara membantu dalam proses konversi energi dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Individu yang cukup asupan vitamin B1 dalam tubuhnya akan membuat ia lebih tenang dalam menghadapi masalah dan berpengaruh baik terhadap sistem kekebalan tubuhnya.

3.Vitamin B1 juga telah terbukti membantu mencegah komplikasi kardiovaskular
dan masalah mata berkaitan dengan diabetes. Hal ini sudah terbukti dalam berbagai studi penelitian kesehatan di berbagai negara.

4.Vitamin B1 bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. 
Individu yang menderita gagal jantung biasanya sering menggunakan diuretik untuk mengatasi kelebihan cairan di tubuh. Namun sayangnya, hal itu justru menyingkirkan jumlah thiamin dalam tubuh yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Padahal peranan vitamin B1 bisa membantu memompa darah ke jantung jantung, sehingga potensi terjadinya gagal jantung pada tiap individu bisa diminimalisir.

5.Vitamin B1 juga bermanfaat untuk mengurangi efek keracunan timah.

6.B1 bermanfaat untuk kecantikan. 
Vitamin B1 ternyata memiliki andil besar untuk kesehatan kulit dan kesuburan rambut. Ini disebabkan karena vitamin B1 mampu mendorong aliran darah yang sehat dan membantu menjaga jumlah sel darah merah tetap normal.

7.Vitamin B1 memperkuat daya ingat. 
Ada juga beberapa studi klinis yang menunjukkan bahwa vitamin B1 merupakan unsur kunci untuk meningkatkan retensi memori.

8.Vitamin B1 baik untuk kesehatan mata. 
Vitamin B1 dapat bekerja dengan baik untuk mencegah pembentukan masalah pada lensa mata seperti katarak.

9.Vitamin B1 mampu mencegah terjadinya penyakit Alzeimer. 
Selain semua manfaat kesehatan diketahui terdapat pada vitamin B1, ada banyak spekulasi bahwa vitamin B1 juga penting untuk memperlambat laju penyakit Alzheimer.

10.Vitamin B1 mencegah terjadinya Wernicke-Korsakoff syndrome. 
Wernicke-Korsakoff Syndrome adalah gangguan otak yang disebabkan oleh defisiensi tiamin. Syndrom ini terbagi atas dua jenis kelainan yakni syndrome Wernicke yang melibatkan kerusakan saraf dalam sistem saraf pusat serta syndrome Wernicke yang melibatkan kerusakan saraf dalam system saraf perifer. Biasanya syndrome ini terjadi disebabkan karena keurangan gizi dan kecanduan alkohol. Gejala yang paling sering terlihat seperti kebingungan/linglung, sulit berkosentrasi, kejang otot, namun jarang mengakibatkan kehilangan ingatan total.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar