Sabtu, 22 Desember 2012

Manfaat Jambu Biji Untuk kesehatan

jambu biji

Manfaat jambu Biji Untuk Kesehatan:

1. Jambu biji rendah  akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.


3. Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.


4. jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.


5. Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.


6. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.


7. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.


8. Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji muda dapat mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker prostat.


9. Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.


10. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.


11. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat jambu merah biji untuk mengobati demam berdarah ( DBD ), namun banyak yang mempercayai jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah. kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dapat membantu mempercepat proses penyembuahn pada oarang ya sakit tanpa menyebabkan efek samping.

Pemanfaatan jambu Biji Sebagai Obat Tradisional :

1. Kencing Manis
untuk memnghambat penyakit kencing manis, cobalah sebuah jambu biji setengah masak dibagi menjadi 4 bagian dan direbus dalam 1liter air sampai mendidih. Ambil airnya setelah disaring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Maag
Untuk mengobari maag atau sakit lambung, cobalah ambil 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Rebus dengan 1,5 kiter air sampai mendidih, saring dan ambil airnya untuk diminum 3 kali sehari , pagi , siang dan sore.

3. Sakit Perut
Anda diare ? Cobalah obat tradisional dengan mengambil 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batangnya. Rebus dalam 1,5 liter air sampai air mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.
4. Masuk Angin
Untuk mengobatimasuk angin , ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabe merah, 3 mata buah asam, sepotong gula kelapa, garam secukupnya. Rebus semua bahan dalam 1 liter air sampai mendidih. Saring untuk diambil airnya dan minum 2x sehari

5. Sariawan
Untuk mengobati sariawan, sisihkan segenggam daun jambu biji , sepotong kulitnya.
Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih, kemudian saring untuk diambil airnya dan minum 2x sehari.

6. Beser (Sering Kencing)
Segenggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan). Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Sakit kulit

Segenggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji . Ditumbuk bersama-sama sampai halus . Lalu untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

8. Obat Luka Baru
Tiga pucuk daun jambu biji dikunyah sampai lembut. Tempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan darah terus menerus.
Dari Manfaat Jambu Biji Untuk kesehatan diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar