Sabtu, 29 Desember 2012

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B2

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan

Vitamin ini memiliki peranan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi senyawa gula sederhana yang dikenal dengan nama glukosa. Tanpa adanya glukosa, tubuh tidak bisa memproduksi energi. Alhasil, tubuh akan kesulitan menjalankan fungsinya. Para ahli kinis merekomendasikan vitamin ini sebagai vitamin kecantikan karena paling banyak berperan dalam kecantikan.

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan :

1.Sakit Kepala Sebelah (Migrain)
Migrain memang sering menjadi kendala. Banyak yang tidak mengalami hal ini, namun jika sudah pernah mengalaminya, akan mudah untuk kambuh kembali. Migrain bisa menyerang kepala bagian kiri saja atau kepala bagian kanan saja. Biasanya saat kita telah makan dan terjadi mual atau kepenuhan makan atau saat setelah makan lalu beraktivitas, maka migrain pun terjadi. Bisa juga terjadi saat kepala pusing dikarenakan makanan yang dimakan ternyata kurang mengandung vitamin B2. Misalnya terlalu banyak lemak dan karbohidrat, sehingga proses untuk pemecahan karbohidrat dan lemak menjadi energi tidak terjadi. Untuk mengatasi migrain pada kepala Anda, bisa mengkonsumsi suplemen vitamin B2 dengan dosis 400 mcg.

2.Antioksidan
Radikal bebas erat kaitannya dengan udara. Biasanya saat kita menghirup terlalu banyak udara kotor di udara, polusi, asap kendaraan bermotor, asap rokok maka itulah yang dinamakan radikal bebas. Saat tubuh banyak terkena radikal bebas, maka dengan mudah tubuh akan mengalami kerusakan jaringan dan sel-sel dalam tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi vitamin B2 ternyata mampu menangkal radikal bebas ini. Vitamin B2 menjadi antioksidan dimana mencegah seseorang terserang penyakit jantung dan kanker pada usia yang relatif muda. Tentu juga menjaga vitalitas kebugaran tubuh bagi mereka yang sudah lanjut usia. Karena fungsi utama vitamin B2 adalah menghasilkan energi, mengganti jaringan yang rusak, dan menjaga kesehatan kulit dari serangan radikal bebas.

3.Anemia
Anemia lebih sering dijumpai pada penderita wanita. Lalu apa itu anemia? Anemia adalah turunnya sel darah merah (kadarnya) dalam darah yang hanya dapat di cek dari uji laboratorium. Saat seseorang terserang anemia, maka peredaran oksigen dalam tubuhnya yang dibawa melalui darah pun menjadi terganggu. Saat peredaran oksigen terganggu maka tubuh akan cepat lemas, letih, lesu dan tidak bertenaga. Gejala itu juga ditandai dengan wajah pucat dimana peredaran darah yang sehat tidaklah lancar. Sebab terjadinya anemia banyak sekali, terutama karena kurangnya zat besi, vitamin B2 dan juga pendarahan. Bagi wanita yang mengalami masa menstruasi, lebih sering terkena anemia jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B2. Untuk itu penting menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi vitamin B2.

4.Anti Karsinogen
Karsinogen adalah hal yang berkaitan dengan kanker. Lalu apa sebenarnya karsinogen itu? Karsinogen adalah bahan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya kanker. Bahan karsinogen banyak sekali yang bisa masuk ke dalam tubuh. Antara lain yang kita makan berupa pewanget (makanan modern) begitu juga dengan minuman yang kita minum (minuman modern). Selain itu adanya bahan kimia yang sudah masuk dalam produk-produk sehari-hari yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan karsinogen. Seperti bumbu penyedap rasa, cabai instan, saos instan, lalu ada kecap, sirup, rokok, dan masih banyak lagi bahan-bahan kimia bersifat karsinogen. Untuk itu mengkonsumsi vitamin B2 bisa menjadikannya anti karsinogen selain juga sebagai antioksidan. Penuhi makanan bervitamin B2 Anda setiap hari agar membuat diri Anda tetap sehat menjalani hidup hingga beberapa tahun mendatang.

5.Energi
Fungsi vitamin B2 yang utama adalah pemecah karbohidrat, protein, lemak menjadi energi. Oleh karena itu, jika kebutuhan vitamin B2 tidak terpenuhi, maka tubuh akan kekurangan energi. Seperti lemak yang tertumpuk dan protein serta karbohidrat yang tertumpuk tidak diolah menjadi energi hanya kan membuat seseorang tersebut mengalami kegemukan. Hal ini biasanya terjadi pada pertumbuhan anak-anak. Banyak yang mengatakan bahwa anak sehat memiliki berat badan yang cukup bagus. Nyatanya tidak demikian, karena kelebihan berat badan dan kekurangan vitamin B2 menjadikan diri sulit beraktivitas dengan maksimal. Untuk itu perlunya pemecah zat-zat utama itu menjadi energi agar kegemukan tidak terjadi pada anak-anak. Orang dewasa pun jika ingin mengurangi berat badan, ada baiknya untuk mengkonsumsi vitamin B2 lalu berolahraga agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tanda-tanda dan gejala kekurangan vitamin B2
:
  • kepekaan terhadap cahaya berkurang, 
  • sudut bibir pecah-pecah, 
  • muncul gangguan kulit di sekitar hidung dan bibir.
Sumber makanan yang mengandung vitamin B2 (riboflavin) :

Susu dan produk-produk susu, misalnya keju, merupakan sumber yang baik untuk riboflavin. Untuk itu ketersediaannya dalam makanan sehari-hari sangat penting. Hampir semua sayuran hijau dan biji-bijian mengandung riboflavin; brokoli, jamur dan bayam merupakan sumber yang baik.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar