Jumat, 28 Desember 2012

Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan

Manfaat dari vitamin K

Manfaat dari vitamin K Untuk Kesehatan

Vitamin K ialah 2-methyl, 1,4-naphthoquinone. Sekarang terdapat sejumlah derivat yang semuanya mempunyai bioaktivitas vitamin K. Bentuk induk dari vitamin K disebut Menadion oleh IUPAC dan Menaquion oleh IUNS. Vitamin K cukup tahan terhadap panas, tetapi tidak tahan terhadap bahan alkali dan cahaya.

Vitamin K tidak dapat disintesa oleh tubuh, tetapi suplai vitamin K bagi tubuh berasal dari bahan makanan dan dari sintesa oleh mikroflora usus (E. coli) yang menghasilkan menaquinone. Untuk penyerapan vitamin K diperlukan garam empedu dan lemak didalam makanan. Garam empedu dan lemak dicerna membentuk misel (misell) yang berfungsi sebagai transport carrier bagi vitamin K tersebut.

Fungsi Vitamin K :
  • Vitamin K berfungsi dalam proses dalam pembekuan darah, bahkan mula-mula disangka bahwa vitamin K merupakan komponen dari prothrombin.
  • Fungsi lain ialah sebagai pentranspor elektron didalam proses redoks didalam jaringan (sel).
Manfaat dari vitamin K Untuk Kesehatan: 

1.Mencegah Osteoporosis.
Bukti penelitian kesehatan terbaru yang dilakukan di berbagai negara khususnya di Amerika dan Inggris mengemukakan bahwa vitamin K penting untuk kesehatan tulang dan kalsifikasi arteri. Vitamin K akan mebantu kalsium dan mineral lainnya untuk saling mengikat dan mengoptimalkan fungsinya terhadap kesehatan tulang.

2.Menunjang metabolisme dalam tubuh.
Seorang yang tetap memenuhi asupan vitamin K dalam menu dietnya terbukti lebih mudah menurunkan berat badannya, karena vitamin K membantu proses pembakaran kalori dan mengubahnya menjadi energi. 

3.Mencegah terjadinya kanker hati dan paru-paru.
Vitamin K juga sangat berperan dalam memerangi sel-sel kanker di dalam tubuh. Itu sebabnya, mengapa penderita kanker diharuskan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K agar menekan laju sel kanker berkembang. 

4.Pendarahan Otak.
Ini yang paling mengerikan! Dimana bila terjadi pendarahan otak, maka resiko kematian telah di depan mata. Banyak pendarahan otak yang tidak terselamatkan karena kurangnya vitamin K dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika Kita masih bayi, petugas medis akan melakukan penyuntikan vitamin K pada tubuh bayi untuk menghindari resiko pendarahan otak bila bayi mengalami benturan pada kepalanya.

Makanan yang mengandung vitamin K tinggi :

Kandungan Vitamin K pada Selada

Kandungan gizi pada daun selada setiap takaran per 100 gram adalah 128 mcg. Daun selada biasanya digunakan untuk lalapan. Jika anda pernah makan di rumah makan seperti bakar-bakaran, tentu akan mendapatkan daun selada ini. Sayangnya tentu tidak sampai takaran 100 gram untuk setiap sajian di rumah makan. Jika ingin, anda bisa membelinya sendiri.

Kandungan Vitamin K pada Bayam
Apa sih itu bayam? Bayam adalah sayuran hijau yang tumbuh sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut. Ada tiga jenis bayam, yaitu bayam cabut, bayam petik, dan bayam pada umumnya. Kandungan vitamin K pada bayam per 100 gram adalah 89 mcg. Bayam mudah ditemukan di Indonesia karena masa panennya pun yang hanya 4 minggu. Sehingga bisa dibudidayakan sendiri.

Kandungan Vitamin K pada Bunga Kol

Bunga kol sering disebut juga kubis bunga. Bunga kol ini juga sudah banyak dibudidaya di Indonesia, walaupun sebenarnya tumbuhan ini berasal dari eropa. Sehingga pembudidayaannya pun banyak terdapat di Lembang, Jawa Barat. Kandungan vitamin K pada bunga kol 100 gr adalah 125 mcg. Konsumsi kol jadi tidaklah sulit sekarang untuk pemenuhan kebutuhan vitamin K anda karena tumbuhan ini sudah banyak di Indonesia.

Kandungan Vitamin K pada Hati Sapi
Hati sapi bisa ditemukan dimana saja. Terutama di pasar-pasar tradisional dan pasar daging. Harga hati sapi adalah Rp 65.000 per kilogram. Tergantung dari berbagai macam faktor, tapi harga tersebut bisa menjadi patokan anda. Sedangkan untuk kandungan vitamin K per 100 gram adalah 7 mcg. Perlu diwaspadai biasanya hati sapi ini jika pemilihannya tidak tepat banyak mengandung cacing hati.

Kandungan Vitamin K pada Brokoli
Brokoli adalah sejenis tumbuhan yang pertama kali ditanam dan ditemukan di Italia. Namun sekarang, brokoli lebih banyak di produksi di Cina dan India. Kandungan vitamin K pada brokoli ini sendiri dalam per 100 gram adalah 200 mcg. Cukup besar untuk memenuhi kebutuhan vitamin K anda. Jenis brokoli sendiri ada 3 yaitu brokoli Italia berwarna hijau, brokoli romanesco berwarna kekuningan dan brokoli berwarna keunguan.

Kandungan Vitamin K pada Kentang

Kentang dibawa ke eropa pada tahun 1500an. Tapi tidak dijelaskan kentang sendiri berasal dari mana. Karena tumbuhan umbi-umbian ini dipercaya dulu membawa penyakit seperti lepra di eropa. Kemudian di era tahun 1800an kentang menjadi populer terutama di amerika serikat karena bisa digunakan untuk membuat kentang goreng. Kandungan vitamin K pada kentang sendiri hanyalah 2 mcg per 100 gram kentang. Mengkonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan kegemukan.

Kandungan Vitamin K pada Asparagus

Asparagus sejenis tanaman rerumputan. Tumbuh paling banyak di daratan Amerika Serikat. Karena tumbuhan ini paling cocok tumbuh dengan suhu 15 – 25 derajat celcius. Pemanenannya pun cukup lama yaitu antara 8 bulan sampai 1 tahun. Tumbuhan ini dijadikan sayur paling banyak pada masakan cina. Kandungan vitamin K pada asparagus 100 gram adalah 57 mcg. Asparagus ini bersifat diuretik sehingga bisa menjadi obat pada gangguan saluran kencing atau masalah pada ginjal.

Kandungan Vitamin K pada Kacang Polong

Kacang polong juga disebut kacang ercis. Kandungan vitamin K pada kacang polong per 100 gram adalah 5 mcg. Kacang polong ini biasanya berisi 3 atau 4 kacang bulat berwarna hijau. Kacang polong sendiri tidak berasal dari Indonesia. Karena di bawa oleh penjajahan belanda. Kacang ini cukup populer di eropa pada masa penjajahan atau tahun 1700an. Karena kacang polong ini termasuk kacang-kacangan dengan masa hidup di daerah sub tropis, sekarang kacang polong lebih banyak di jumpai di swalayan modern daripada tradisional.

Kandungan Vitamin K pada Kacang Kedelai

Pada kacang kedelai terdapat kandungan vitamin K per 100 gram adalah 47 mcg. Kacang kedelai merupakan kacang asia karena dari sejak dulu bahan dasar untuk berbagai macam makanan khas asia adalah kacang kedelai ini. Seperti tahu, tempe, adalah makanan olahan dari kacang kedelai ini. Apalagi sudah banyak macam varian makanan yang berasal dari kacang kedelai ini dalam bentuk resep makanan. Sehingga anda tidak perlu cemas penggunaan kacang kedelai pun sehari-hari bisa memenuhi kebutuhan vitamin K anda.

Kandungan Vitamin K pada Kubis

Sedangkan untuk kubis sendiri per 100 gramnya mengandung setengah dari kebutuhan vitamin K secara harian. Kubis sebenarnya sejenis dengan kol, dimanfaatkan daunnya. Kubis sendiri ada tiga jenis. Yaitu kubis berwarna putih, kubis berwarna ungu, dan kubis berwarna ungu. Kemudian kubis itu dibedakan menjadi kubis bulat dan kubis gepeng. Kubis juga sudah banyak ditemukan dan dibudidaya Indonesia.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar