Jumat, 28 Desember 2012

Manfaat dan Kandungan Buah Ceremai Untuk Pengobatan

Manfaat dan Kandungan Buah Ceremai

Manfaat dan Kandungan Buah Ceremai Untuk Pengobatan

Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

Perdu atau pohon kecil dengan ketinggian sampai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Sepintas, pohon cerme bukan tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh.Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Klasifikasi buah ceremai:

Divisi : Spematophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Euphorbiales
Suku : Euphorbiaceae
Marga : Phyllanthus
Jenis : Phyllanthus acidus (L.) Skeels

Manfaat buah ceremai untuk pengobatan:

1.Sembelit
Siapkan biji ceremai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk smapai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
Siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.

2.Asma
Ambil 6 biji buah ceremai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehati 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.

3.Kanker
Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

4.Melangsingkan badan
Minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.

Kandungan gizi buah cermai (Phyllanthus acidus)per 100 gram;
  • 28 kkal energi,
  • 91,7 g air,
  • 0,7 g protein, 
  • 6,4 g karbohidrat, 
  • 0,6 g serat kasar, 
  • kalsium 5 mg, 
  • 23 mg fosfor, 
  • 0,4 mg besi, 
  • 0,01 mg thiamin , 
  • riboflavin 0,05 mg 
  • 8 mg vitamin C (Anon, 1992).
Daun cermai mengandungi banyak air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Manakala buah pula mengandungi serat, mineral dan vitamin C.

Dari Manfaat dan Kandungan Buah Ceremai diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar