Minggu, 30 Desember 2012

Manfaat Buah Kemiri Sebagai Obat ?

Manfaat Buah Kemiri


Buah kemiri (Aleurites javanica) Merupakan salah satu tanaman yang sudah lama dikenal diIndonesia, buah kemiri biasanya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dalam masakan, Konon buah kemiri berasal dari Malaysia, tanaman ini sangat cepat penyebarannya kedaerah lain termasuk Indonesia, karena buah kemiri sangat mudah tumbuh dengan baik didaeran mana saja termasuk didaerah tanah berpasir maupun didaerah tanah kapur sekalipun.

Manfaat Buah Kemiri Sebagai Obat :

1.Buang Air Besar Berdarah
Gunakan 20 gr kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat.

2.Disentri
Gunakan 10 gr kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat. Sedangkan untuk diare, gunakan 20 gr kulit batang kemiri segar ditumbuk halus kemudian direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum sebanyak 150 cc.

3.Sembelit
Gunakan 1 buah kemiri, ditambah 2 siung bawah merah, 30 gr daun urang aring, 10 gr kayu manis, 5 gr pulosari, ditambah 6 gr adas, setengah sendok teh garam, dihaluskan kemudian direbus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum 200 cc.

4.Demam
Gunakan minyak kemiri secukupnya, kemudian tambahkan 15 gr akar pulutan direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian minum ramuan saat masih hangat. Ada baiknya lakukan pengobatan ini secara teratur dan untuk penyakit berat disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter.

5.Sakit Gigi

Gunakan 3 tetes getah daun kemiri dilumaskan ke bagian yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu. Jika anda mempunyai bisul, gunakan 10 lembar daun pukul 4, ditambah 15 lembar daun kangkung dihaluskan, tambahkan minyak kemiri dan minyak kelapa secukupnya. Aduk rata kemudian dioleskan pada bisul. Lakukan 2 kali sehari.

6.Mengalami Rambut Rontok
Gunakan 60 gr daun lidah buaya, dikupas kulitnya, ditambah 30 gr daun mangkokan, ditambah 30 gr daun waru muda kemudian dihaluskan. Setelah itu, tambahkan 50 gr minyak kemiri hangat, aduk rata kemudian dioleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata. Diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas sampai bersih.

7.Memperkuat Dan Memperbaiki Tumbuhnya Rambut

Gunakan 6 buah kemiri ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya dan dimasak sampai mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak tersebut ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Lakukan 3 kali seminggu.

Kandungan Gizi Didalam Buah Kemiri:

Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi, zat non gizi dalam dalam kemiri misalnya saponin, falvonoida dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terda[pat dalam kemiri adalah protein, lemak dan karbohidrat. Mineral dominan yang terdapat dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Dalam kemiri juga terkandung zat besi, seng, tembaga dan selenium dalam jumlah sedikit. Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang dapat merusak enzim pembentuk kolesterol  dalam hati sehingga dapat menghambat pembentukan kolesterol.

Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino essensial maupun non esensial, fungsi asam amino esensial antara lain untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibody. Asam amino non esensial yang menonjol pada kemiri yaitu asam glutamate dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamate yang memberikan rasa nikmat ketika kemiri digunakan sebagai bumbu dapur yang dapat menjadi pengganti penyedap masakan seperti MSG.

Dari Manfaat Buah Kemiri Sebagai Obat ? diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar