Jumat, 28 Desember 2012

Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Tanaman zaitun (Olea europaea) adalah jenis pohon kecil dalam keluarga Oleaceae, asli ke daerah pesisir dari wilayah Mediterania timur, dari Suriah dan bagian-bagian maritim di Asia Kecil dan Iran utara di ujung selatan Laut Kaspia.buah zaitun, adalah produk penting pertanian utama di wilayah Mediterania sebagai sumber minyak zaitun.

Tatanama /Klassifikasi Tanaman zaitun:
KingdomPlantae – Plants
SubkingdomTracheobionta – Vascular plants
SuperdivisionSpermatophyta – Seed plants
DivisionMagnoliophyta – Flowering plants
ClassMagnoliopsida – Dicotyledons
SubclassAsteridae
OrderScrophulariales
FamilyOleaceae – Olive family
GenusOlea L. – olive
SpeciesOlea europaea L. – olive

Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan :

Para dokter zaman dahulu memuji zaitun baik dari segi minyaknya, daunnya maupun bagian-bagian lainnya. Di antara perkataan mereka “Zaitun sangat baik untuk merangsang nafsu makan, menguatkan usus, membuka penyempitan, memperbaiki warna kulit, cocok untuk tubuh yang lemah. Namun jika berlebihan mengonsumsi zaitun bisa menimbulkan kehitaman pada tubuh, yang mungkin menimbulkan kudis dan kulit bintil-bintil gatal. Mereka juga menyifati zaitun sebagai anti penyakit hati, dan zaitun matang sangat baik untuk penyakit hati.

Daun zaitun
jika dikunyah dapat menghilangkan kerusakan pada gusi dan tumor tenggorokan. Jika air zaitun atau sarinya dibalut atau ditempelkan pada tubuh akan mencegah kemerahan, kesemutan, bisul, dan penutup luka. Dan jika daun zaitun dan sisi-sisi halusnya ditumbuk, lalu meletakkan pada otot tumit bagian belakang dengan empat jari akan bermanfaat menyembuhkan sakit encok pada pangkal paha.

Daun zaitun jika dimasak dengan air sampai lunak dan usang maka dapat menghilangkan sakit persendian dan encok. Dan air zaitun jika diserapkan ke dalam tubuh (suntikkan) akan menghilangkan luka perut dan usus. Jika semua bagian-bagian zaitun dimasak dengan air tanaman bakung (aloe) dan air bawang bakung (bawang perai) sampai menyatu, ia dapat menjadi obat mujarab untuk penyakit-penyakit pada bagian belakang (pantat) terutama untuk (melonggarkan) saluran pembuangan air. Abu-abu (kecoklatan) pada daun zaitun jika dicampur dengan air kurma dan madu dapat mengobati penyakit kulit dan bintik-bintik.


Buah zaitun jika dikunyah dapat memulihkan ingatan dan dibalutkan pada luka, memperbaiki gigi yang erosi, menghentikan batuk ringan. Uap partikel zaitun mengobati penyakit asma (bengek), batuk kronis (yang bertahun-tahun), inti partikel zaitun jika dibalutkan pada kuku-kuku kusta makan akan menjadi kuat. Apapun bagian zaitun jika dimasak dan dioleskan makan dapat menyembuhkan sakit kepala kronis (yang bertahun-tahun), migran, dan penyakit mabuk (vertigo)

Manfaat minyak zaitun sebagai obat dari penyakit berikut ini:

1.Alzheimer
Peneliti dari Northwestern University mengatakan bahwa senyawa alami dari minyak zaitun (oleocanthal) bisa mengobati dan mencegah penyakit Alzheimer penelitian ini juga dilakukan oleh Monell Chemical Senses Center. Apakah alzheimer itu? alzheimer adalah sebuah penyakit yang tidak menular tetpai merupakan sebuah sindrom dengan apoptesis sel-sel otak secara bersamaan sehingga otak tampak mengkerut dan mengecil. Penyakit Alzheimer biasanya paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Di negara maju seperti Amerika Serikat saat ini ditemukan lebih dari 4 juta orang usia lanjut penderita penyakit Alzheimer. Angka ini diperkirakan akan meningkat sampai hampir 4 kali pada tahun 2050. Hal tersebut berkaitan dengan lebih tingginya harapan hidup pada masyarakat di negara maju, sehingga populasi penduduk lanjut usia juga bertambah. dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini mungkina akan mengurangi resiko terkena alzheimer

2.kolesterol tinggi

Bagi anda yang bermasalah dengan kolesterol tinggi di dalam tubuh anda, silahkan mengkonsumsi minyak zaitun, minyak ini bisa langsung anda minum dan bisa juga dicampurkan di dalam masakan sehari-hari,karena dalam minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh unggul yg bisa melawan oksidasi.

3.jantung

Penyakit penyebab kematian tertinggi ini bisa diobati maupun dicegah dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur. Para ilmuwan telah menunjukan bahwa minyak zaitun bisa mencegah serangan jantung maupun stroke.Di dalam minyak zaitun mengandung antioksidan tertinggi yaitu DHPEA-EDA dimana zat ini bisa melindungi sel darah merah dari kerusakan.

Dari Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar