Minggu, 23 Desember 2012

Manfaat dan kandungan pada buah murbei

buah murbei


Buah Murbei sering ditemui di daerah pedesaan. Biasanya tanaman ini tumbuh Liar.Murbei (Morus alba L.) dikenal karena daunnya yang digunakan sebagai makanan ulat sutera. Tidak hanya daun yang bermanfaat bagi peternakan ulat sutera, buah murbei juga digunakan sebagai anggur.

Diluar negeri daun murbei sudah dibuat obat suntik. menyebabkan nyeri likal tempat suntikan, kadang menggigil, demam dan sakit kepala yg tidak memerlukan pengobatan khusus.

Pemakaian ranting dihindari bila ada sindrom defisiensi yin
Pemakaian buah sbiknya dihindari bila sedang diare akibat dingin dan adanya defisiensi limpa dan lambung.

Sifat kimiawi dan effek farmakologis :
  • Daun bersifat pahit,manis,dingin masuk meridian paru dan hati. 
  • Buah bersifat manis , dingin, masuk meridian jantung, hati, dan ginjal. 
  • Kulit akar bersifat manis , sejuk masuk meridien paru.
  • Ranting bersifat pahit,netral,masuk meridien hati.
Kandungan Kimia pada Buah Murbei:

Daun buah murbei mengandung:
ecdysterone,inokosterone,lupeol,betasitosterol,rutin,moracetin,isoquersetin,scopoletin,scopolin,alfa, 
betahexenal,cis beta hexenol, cis lamda hexenol,benzaidehide,eugenol, lanaloolbenzyl alkohol,butylamine,acetone,trigonelline,cholin,adenin,asam amino,copper,zinc,vitamin (a,b1,c dan karoten), asam klorogenik,asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol.jg mengandung phytoestrogens.

Jenis Penyakit yg dapat diobati dengan buah murbei :

Demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi ; kencing manis (diabetes melitus) ; kaki gajah ; radang mata merah , memperbanyak asi (air susu ibu), keringat malam, muntah darah, batuk darah, batuk berdahak, kolesterol tinggi, cacingan, muka bengkak, sukar kencing, neurastenia, jantung berdebar, rasa haus dan mulut kering, sukar tidur, telinga berdenging, sembelit, tuli, vertigo,hepatitis, kurang darah, rambut uban, sakit kepala, sakit tenggorokan, s.gigi, s.pinggang, suburkan rambut.

Dari Manfaat dan kandungan pada buah murbei diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar