Kamis, 27 Desember 2012

Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin E

Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan

Vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit kita, terutama dalam hal penyembuhan luka. Akan tetapi bukan hanya itu saja, vitamin E ternyata juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita dan mencegah akan terserangnya penyakit stroke. Untuk itu, konsumsilah makanan, buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin E agar terhindar dari beberapa penyakit yang tidak diinginkan.

Beberapa jenis buah buahan yang memiliki vitamin e:
  1. Biji bunga matahari
  2. Paprika
  3. Kacang tanah
  4. Bayam
  5. Brokoli
  6. Kiwi
  7. Buah mangga
  8. Buah tomate
  9. Buah labu
  10. kacang (seperti almon dan hazelnut)

Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan:

1.Manfaat vitamin E adalah sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu mencegah dan menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan radikal bebas merusak struktur sel, yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan kanker.

2.Manfaat vitamin E dapat membantu mencegah kolesterol, stroke, dan penyakit jantung. Vitamin E mampu mengencerkan darah serta meningkatkan aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan plak di dinding arteri. Sebuah studi  juga menunjukkan bahwa vitamin E juga dapat meredakan dan mencegah osteoarthritis. Itu artinya vitamin E dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik. Hal ini juga meningkatkan mobilitas sendi dan gejala asam urat.

3.Menyembuhkan luka.
Vitamin E dapat meredakan dan menyembuhkan luka bakar atau luka potong kecil.
Caranya mudah, lubangi satu kapsul suplemen vitamin E dengan jarum. Kemudian pencet kapsul tersebut agar cairannya keluar dan oleskan pada luka.

4.Anti penuaan (anti aging).
Vitamin E sangat baik digunakan sebagai agen anti penuaan. Vitamin E membuat kulit terlihat sehat dan lentur.
Anda dapat menambahkan suplemen vitamin E pada pelembab atau membeli pelembab yang sudah mengandung vitamin E.
Vitamin E juga dapat mengurangi garis-garis halus dan keriput pada wajah.

5.Mengurangi kram akibat menstruasi.
Vitamin E dapat digunakan untuk meredakan kram pada saat menstruasi. Ambil kapsul suplemen vitamin E 1-2 kali setiap hari sekitar dua minggu sebelum siklus menstruasi.

6.Mencegah kulit terbakar matahari.
Vitamin E dapat berfungsi untuk mencegah terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari.

Kekurangan vitamin E akan menyeabkan sel darah merah terbelah. Proses ini disebut hemolisis eritrodit dan dapat dihindari dengan vitamin E.

Akibat lain kekurangan vitamin E adalah:
  • perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot
  • kelemahan dan kesulitan berjalan
  • nyeri pada otot betis
  • gangguan penglihatan
  • anemia
  • retensi cairan (odem)
  • kelainan kulit
Pada bayi, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kelainan yang mengganggu penyerapan lemak pada bayi yang prematur dan kekurangan gizi.Namun kekurangan vitamin E sesungguhnya sangat jarang terjadi karena vitamin ini banyak terdapat dalam makanan, terutama dalam minyak sayur. Pada manusia kekurangan vitamin E bisa disebabkan karena diet yang sangat buruk dalam jangka waktu lama.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar