Senin, 17 Desember 2012

13 Manfaat Dari Buah Mentimun

buah


Manfaat Buah Mentimun

13 Manfaat Dari Buah Mentimun :
Manfaat buah mentimun begitu banyak baik untuk perawatan wajah dan kulit juga berfungsi sebagai pengobatan penyakit, nah berikut selengkapnya :

1. Perawatan kulit

Buah mentimun memiliki sifat diuretik yang berfungsi sebagai efek pendingin, dan pembersih yang sangat bermanfaat bagi kulit. Sementara kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

2. Fungsi pencernaan
Anda mengalami masalah dengan pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

3. Kesehatan sendi
Kandungan dalam buah mentimun salah satunya adalah silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.

4. Pencernaan protein
Pada buah mentimun terdapat kandungan enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

5. Tekanan darah
Kandungan zat pada buah mentimun seperti potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

6. Membunuh cacing pita
Anak anda mengalami cacingan, jika menderita cacingan coba obati dengan mentimun. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.Mengobati cacingan selengkapnya simak artikel Cara mengobati cacingan pada anak.

7. Perawatan kuku

Ingin kuku anda terlihat cantik manfaatkan mentimun. Karena mentimun sangat kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan.

8. Atasi encok dan rematik

Mengobati encok dan rematik ternyata bisa dibantu dengan jus mentimun. Keberadaan jus mentimun yang diperkaya dengan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

9. Mengobati sakit gigi dan gusi

Bermasalah dengan gigi dan mulut mentimun juga bisa mengatasinya. Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

10. Diabetes

Jus mentimun selain segar rasanya juga dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh.

11. Perawatan ginjal

Bermasalah dengan kesehatan ginjal coba konsumsi mentimun karena buah mentimun telah menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

12. Suburkan rambut
Buah mentimun juga bermanfaat menyuburkan rambut sebab dalam buah mentimun terdapat kandungan silika. Jus mentium yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu penyuburan rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

13. Menurunkan panas
Jika putra putri anda mengalami demam panas buah mentimun juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati atau menurunkan panas badan si kecil anda. Caranya mudah, cukup parut kemudian kompreskan pada kening anak anda.

Dari manfaat buah diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.


Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar