Selasa, 25 Desember 2012

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi banyak disajikan dalam bentuk minuman ,banyak masyarakat menjadikan kopi sebagai minuman penghilang rasa kantuk tapi siapa tau selain untuk menghilangkan rasa kantuk kopi memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Pertama kali, buah kopi hanya ada di Ethiopia, dimana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi disana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Tanaman kopi adalah sebuah pohon yang masuk dalam keluarga Coffea. Ada lebih dari 60 varietas kopi yang berbeda, tapi yang memiliki nilai untuk diperdagangkan hanya dua yaitu Coffea Arabica (Arabica) dan Coffea canephora (robusta).

Kandungan zat-zat kimia pada biji kopi :

  • Kafein
  • Trigoneline
  • Protein dan Asam Amino
  • Karbohidrat
  • Asam Alifatik (asam karboksilat)
  • Asam Klorogenat
  • Lemak dan turunannya
  • Glikosida
  • Mineral
  • Komponen Volatil
Manfaat kopi bagi kesehatan:

1.Kesehatan otak

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar, sekitar 1-4 cangkir per hari, diperkirakan bisa mengurangi risiko terbentuknya penyakit demensia dan Alzheimer, juga Parkinson. Alasannya, antioksidan yang dikandung kopi bisa mencegah kerusakan sel-sel otak dan mendorong kerja neurotransmiter pada otak yang berpengaruh pada fungsi kognitif otak, kata para ahli.

Studi pernah mencatat, pasien dengan penyakit glioma, suatu bentuk kanker otak mengalami pengurangan bentukan setelah memperbanyak konsumsi kopi dan teh. Para ahli berspekulasi, kandungan dalam seduhan kopi bisa mendorong kerja protein perbaikan DNA dalam sel-sel tubuh, yang mencegah kerusakan DNA pencetus pembentuk sel kanker.


2.Mengurangi risiko diabetes

Beberapa studi mendapati, konsumsi 4 cangkir kopi per hari bisa mengurangi risiko terbentuknya diabetes tipe 2 dalam tubuh. Diperkirakan para peneliti, zat antioksidan pada kopi mendorong sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin, yang meregulasi gula darah.

Kebanyakan riset tersebut tidak meneliti mengenai kopi yang dikonsumsi tersebut mengandung kafein atau tidak. Namun, diperkirakan, kopi tanpa kafein lebih baik, meski studi lain menemukan, kafein justru menghambat sensitivitas insulin.


3.Kesehatan jantung

Beberapa studi menunjukkan, konsumsi kopi antara 1-3 cangkir per hari mengurangi tingkat kemungkinan terkena stroke dibanding orang yang tak pernah minum kopi. Kemungkinan, antioksidan pada kopi mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Sebagian peneliti memperkirakan, kandungan antioksidan tersebut mengaktivasi nitric oxide, zat yang memperlebar saluran darah, artinya mengurangi tekanan darah. Namun, ini bukan berarti lebih banyak kopi, lebih baik. Karena, orang yang mengkonsumsi lebih dari 5 cangkir per hari justru meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Para peneliti percaya, kafein yang berlebihan justru menyabotase efek antioksidan.


4.Membantu kesehatan hati

Meski risetnya sangat terbatas, namun, diperkirakan, semakin banyak minum kopi, makin kecil kemungkinan terkena penyakit sirosis dan penyakit hati lainnya.

Satu dari 9 studi menemukan, dari setiap penambahan 2 cangkir yang dikonsumsi per hari berarti menurunkan risiko kanker lever sebanyak 43 persen. Penjelasan yang memungkinkan: Kafein dan klorogenik antioksidan, serta asam kafeik dalam kopi mencegah peradangan pada hati, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan :
  • Dapat mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki kulit yang rusak.
  • Mampu menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit.
  • Bisa menghilangkan bau badan.
  • Berkhasiat merevitalisasi sel kulit baru dan menjaga kelembapan kulit.
  • Bermanfaat menghilangkan bekas jerawat, flek dan noda hitam.
  • Dapat menghilangkan selulit dan strechmark jika dilakukan secara teratur.
  • Mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit.
  • Berfungsi sebagai astrigent/penyegar karena kandungan pH – nya sama dengan kulit (4,5), sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat atau noda pada kulit.
  • Memberi proteksi ringan terhadap sinar UVA atau UVB.
  • Cara membuatnya juga cukup mudah, kopi yang di giling halus cukup dicampurkan dengan bahan dasar body scrub ataupun masker badan.

Dampak Negatif Meminum Kopi Secara Berlebihan:

Meskipun banyak sekali Manfaat Kopi Untuk Kesehatan akan tetapi meminumnya dalam jumlah yang besar justru malah akan memicu berbagai pernyakit. Beberapa pernyakit tersebut diantaranya jantung berdebar, insomnia, hipertensi dan masalah kesehatan lainnya.

Karena kandungan kefein yang cukup banyak pada kopi, tidak dianjurkan bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan keguguran.
 
Dari Manfaat Kopi Untuk Kesehatan diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin :
http://berbagai-manfaat.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar