Sabtu, 29 Desember 2012

Manfaat Buah Ceplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ceplukan

Ceplukan atau ciplukan yang dalam bahasa latin disebut sebagai Physalis angulata merupakan salah satu tumbuhan herbal yang hidup semusim dan mempunyai tinggi sekitar 1 meter saja. Ceplukan atau ciplukan (Physalis angulata) yang mempunyai buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan berbagai manfaat terutama sebagai tanaman herbal (obat-obatan).
Ceplukan atau ciplukan dikenal dengan berbagai nama daerah (lokal) seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan lain-lain.

Manfaat Buah ciplukan untuk mengobati berbagai penyakit :

1. Hipertensi
Sediakan 5 gram tumbuhan kering ceplukan kemudian masukan kedalam air 110 ml. Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk selanjutnya saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100 ml. O,ya, air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam (1 hari) tidak boleh diminum karena sudah rusak.

2. Kencing Manis
Sediakan 10 gram tumbuhan kering ciplukan dan air 400 ml. Cara pembuatan ramuan dan aturan pemakaiannya sama dengan yang digunakan untuk mengobati hipertensi / tekanan darah tinggi.

3. Bisul
Anda terkena bisul?  Ya, untuk mengobati bisul, sediakan saja 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 lembar daun sirih, dan sedikit garam. Lalu campurkan semua bahan tersebut dan diremas-remas hingga menjadi lembut. Oleskan sekitar bisul.  Bisul akan cepat pecah dan cepat kering.

4. Borok
Untuk mengobati borok, sediakan 1 genggam daun ciplukan dan tambahkan 2 sdt air kapur sirih. Tumbuklah sampai halus, kemudian tempelkan ke bagian yang sakit.

5. Gusi Berdarah dan sariawan
Buah ciplukan sangat kaya akan vitamin C, buah ciplukan bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi berdarah dan sariawan. Caranya, makanlah 30 buah ciplukan segar setiap hari .

Kandungan Ciplukan:

  • Acid, 
  • C27H44O-H2O, 
  • Asam Sitrun, 
  • Fisalin, 
  • Flavonoid, 
  • Saponin, 
  • Polifenol. 
Kandungan Buah Ciplukan :
  • Asam Malat, 
  • Alkaloid, 
  • Tanin, 
  • Kriptoxantin, 
  • Vitamin C 
  • Glukosa.
Kandungan Biji Ciplukan :
  • Elaidic Acid.
Khasiat Tanaman Ciplukan adalah sebagai berikut :
1. Mengobati Flu atau Influenza
2. Mengobati Sakit Ayan
3. Mengobati Borok atau Luka Membusuk
4. Mengobati Kencing Manis
5. Mengobati Sakit Paru-Paru
6. Mengobati Sakit Prostat
7. Mengobati Sakit Tenggorokan
8. Mengobati Batuk
9. Mengobati Gondongan
10. Mengobati Bronchitis
11. Mengobati Bisulan

Dari Manfaat Buah Ceplukan Untuk Kesehatan diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar