Sabtu, 29 Desember 2012

Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bayam Merah

Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Tanaman bayam berasal dari Amerika tropik dan mudah tubuh dan tersebar di daerah tropis dan subtropics di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri bayam dapat tubuh sepajang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5 – 2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih tumbuh subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.

Ada tiga varietas bayam yaitu bayam hijau biasa, bayam merah (Blitum rubrum), yang batang dan daunnya berwarna merah dan bayam putih (Blitum album), yang daun dan batangnya berwarna hijau keputih-putihan. Ada pula jenis bayam lainnya misalnya bayam duri, bayam kakap, bayam kotok atau tahah.

Manfaat sayur bayam merah untuk kesehatan:

1.Dapat meningkatkan kerja ginjal dan bisa bersihkan darah sehabis bersalin.
Jika Anda ingin meningkatkan kerja ginjal, membersihkan darah sehabis bersalin maka konsumsilah bayam dalam bentuk sayur bening.

2.Anemia.

Cuci 2 genggam daun bayam merah, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis lalu saring. Kemudian tambahkan 1 sdm madu dan sebutir telur ayam kampung, aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 1 kali sehari selama seminggu. Selanjutnya pengobatan dapat dilakukan
2 x seminggu hingga penyakit sembuh.

3.Disentri. 
Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan     garam halus seujung sendok teh dan aduk rata lalu saring. Minumlah air saringan tersebut sekaligus.

4.Mempekuat Akar Rambut.
Cuci bersih seikat bayam segar, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam seujung sendok teh sambil diaduk rata, selanjutnya peras dan saring. Lalu minumlah sekaligus, lakukanlah hal demikian 2 – 3 kali seminggu. 

Kandungan Kimia dari Bayam Merah :
  • protein, 
  • lemak, 
  • karbohidrat, 
  • kalium, 
  • zat besi,
  • amarantin, 
  • rutin, 
  • purin dan 
  • vitamin (A, B, C).
Dari Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan diatas ternyata indonesia kaya akan tumbuhan dan daun,dimana daun memiliki banyak khasiat yang baik untuk manusia,mari kita lestarikan tanaman diindonesia.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan.

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar