Minggu, 30 Desember 2012

Manfaat Lemak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lemak
Manfaat Lemak Untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu dari tiga nutrisi utama dalam makanan. Lemak hadir dalam berbagai bentuk seperti lemak jenuh, lemak jenuh trans, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak terutama terdiri dari asam lemak dan setidaknya ada 2 jenis asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh. Makanan yang menyediakan lemak adalah mentega, margarin, minyak, kacang-kacangan, daging, unggas, ikan, dan beberapa produk susu.Simpanan kelebihan kalori dalam tubuh, yang memberikan tubuh pasokan cadangan energi dan fungsi lainnya. Lemak memiliki 9 kalori per gram.

Fungsi Lemak :
  1. Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak
  2.  Berfungsi secara selular dan komponen struktural pada membran sel berkaitan dengan karbohidrat dan protein untuk menjalankan air, ion dan molekul-molekul lainnya, keluar dan masuk sel
  3. Berfungsi untuk menopang senyawa organik untuk penghantar sinyal
  4. Suspensi bagi vitamin a, d, e dan k yang berguna untuk proses biologis
  5. Menjadi penahan goncangan untuk melindungi organ penting tubuh serta menjaga tubuh apabila suhu yang ada di luar tubuh kita sedang tidak baik
  6. Sebagai sarana sirkulasi energi di dalam tubuh dan komponen utama yang membentuk membran semua jenis sel
Manfaat lemak bagi kesehatan tubuh:
  • Melindungi tubuh. Lemak berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari pengaruh cuaca di sekitar kita, untuk membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin.  
  • Bagian dari fungsi tubuh. Lemak merupakan bagian penting untuk menjalankan fungsi tubuh yang sehat dan normal.  
  • Membantu penyerapan vitamin. Lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K, yaitu sejenis vitamin yang mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. 
  • Bantalan tubuh yang alami. Lemak merupakan mekanisme bantalan tubuh yang alami. Lemak mengelilingi dan melindungi beberapa organ vital, dan menjaga sendi-sendi. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cidera yang potensial dialami saat berlatih maupun saat bertanding.  
  • Struktur sel, kecantikan, dan pertambahan usia. Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang penting untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Meskipun kita rajin fitnes dan tubuh kita kencang, namun lemak tubuh yang sehat juga akan menjaga kita tetap terlihat feminin, tidak seperti beberpa selebriti yang membuat tubuhnya terlihat seperti laki-laki.  
  • Kesuburan. Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi.  
  • Energi dan daya tahan tubuh. Dengan memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat, kita bisa menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi bagi tubuh
Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar