Sabtu, 15 Desember 2012

1001 Manfaat Tanaman Binahong

tanaman binahong
1001 Manfaat Tanaman Binahong

Binahong adalah nama sebuah tanaman obat dari Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tanaman berumbi rimpang dan menjalar ini telah dikenal memiliki manfaat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika. Di Indonesia sebenarnya tanaman ini banyak terdapat di daerah berhawa sejuk dan banyak digunakan sebagai tanaman penghias gapura (karena itu ada yang menamakannya gendola). Namun masyarakat di Indonesia sepertinya tidak banyak yang tahu manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan.

Khasiat Binahong :
Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkhasiat, mulai dari umbi rimpang, batang serta daunnya yang berbentuk jantung.

Manfaat Binahong :

1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka luar maupun dalam, dan radang usus.
2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
3. Mencegah stroke, maag, dan asam urat.
4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
5. Wazir (ambeien), melancarkan buang air kecil, buang air besar.
6. Diabetes.
7. Sariawan berat.
8. Pusing-pusing.
9. Sakit perut.
10. Penyakit kulit ( gatal – gatal )
11. Membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit batuk /muntah darah, kencing manis, sesak nafas, darah tinggi / darah rendah, radang ginjal, maag kronis, lemah syahwat, gangguan fungsi jantung dll.
12. Untuk memperlancar peredaran darah di syaraf-syaraf otak.

Bagaimana Cara Pemanfaatan Binahong ?
Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Bisa juga sebagai campuran saat memasak.

Untuk Pemakaian Dalam :


Untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang : Ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan diminum 2-3 kali sehari. Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.

Untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar : Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13.

Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.

Untuk disfungsi jantung : ambil 3 lembar daun di penyet-penyet hingga keluar lendirnya kemudian disedu dengan air panas 1 gelas, diamkan lebih kurang 1 jam baru diminum , bila perlu bisa ditambah gula untuk mengurangi baunya yang langu. Sehari minum 3 gelas , pagi, siang , malam menjelang tidur.

Untuk Pemakaian Luar
Untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit : Daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.

Indonesia negara yang kaya akan tanaman obat dan tersebar diseluruh wilayah indonesia ,kita harus bangga dengan negara kita indonesia dan terus lestarikan tanaman obat di indonesia dari pencurian dan kepunahan. Mulailah hidup sehat dari sekarang.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan


Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar